Share

Ternyata Ini Rahasia Feby Febiola Makin Bugar dan Cantik Setelah Sembuh dari Kanker Ovarium,

Fitria Dwi Astuti , Okezone · Senin 26 Juli 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 26 13 2445931 ternyata-ini-rahasia-feby-febiola-makin-bugar-dan-cantik-setelah-sembuh-dari-kanker-ovarium-MuXbaznT2S.jpg Foto: dok Instagram @febyfebiola_

Feby Febiola kini bisa tersenyum manis dengan wajahnya yang cerah ceria. Masa-masa sulit saat mengidap kanker ovarium yang ia sampaikan ke publik melalui media online pada 21 Juli 2020 lalu, kini telah dapat dilaluinya. Feby dikabarkan menjalani operasi kista ovarium pada 30 Mei tahun lalu. Bersyukur, operasi berjalan lancar dan tumor yang ada di rahimnya berhasil diangkat oleh tim dokter.

Artis berusia 43 tahun tersebut mengunggah foto di Instagram-nya selama berjuang melawan kanker. Saat mengumumkan penyakit mematikan tersebut, Feby mendapat respons beragam dari netizen. Ada yang mendoakan, namun tak sedikit yang justru bernada tak suka. Namun, daripada memikirkan komentar-komentar miring dari warganet, Feby lebih memilih berserah diri kepada Tuhan.

Dalam unggahan Instagramnya @febyfebiola_ dia mengaku tak merasakan gejala apa-apa sebelum dokter mendiagnosanya menderita kanker ovarium stadium 1 C. Istri Frangky Sihombing itu mengatakan kanker ovariumnnya dapat terdeteksi saat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. "Gejala gak ada, waktu itu lagi pas check up ke dokter kandungan aja," katanya.

Kanker tersebut bersumber dari tumor atau kista ovarium yang sudah dideritanya cukup lama. Feby mengaku tumor itu kini sudah diangkat. "Sakitnya kanker ovarium stadium 1 c, tapi asal kankernya itu dari tumor. Tumor itu yang menghasilkan sel kanker itu dari endometriosis yang kelamaan dibiarin," ucap Feby.

Foto: Instagram @febyfebiola_

Setelah melakukan enam kali kemoterapi, Feby menyebutkan sel tumor ganas yang awalnya sebesar 16 cm akhirnya tidak berkembang lagi alias mati. Perjuangan dan perjalanan Feby bisa sampai sembuh ini bukan hal yang mudah. Ia terlihat kurus dan mengalami kerontokan rambut. Bahkan, seluruh rambut milik Feby sempat habis akibat kemoterapi yang ia jalani.

Setelah menjalani kemoterapi, Feby akhirnya memutuskan untuk memangkas habis rambutnya. "Aku suka bangga sama rambut sendiri, rambutku itu sehat, kuat dan ga mudah rontok. Sampai akhirnya kemoterapi membuat rambutku rontok," ujar Feby dalam unggahan Instagramnya.

Meski menjalani masa-masa sulit, namun, Feby terlihat lebih sehat dan bahagia. Dalam beberapa unggahan Feby terlihat bahagia bersama dengan suaminya. Franky Sihombing mencium mesra Feby Febiola. Pemain film Capres ini hanya bisa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah mendukung dan mendoakannya.

Feby lantas berpesan kepada para wanita untuk rutin melakukan pemeriksaan kandungan setidaknya tujuh bulan sekali. "Di USG terus ketahuan, buat kalian rajin check up saja paling enggak tujuh bulan sekali," katanya.

Walau tumor penyebab kanker sudah diangkat, Feby Febiola mengaku tetap ingin melakukan kemoterapi. "Jaga-jaga supaya sel kankernya enggak kemana-mana," jelas Feby.

Dalam postingannya suami Feby, Franky Sihombing ini tampak mengenakan baju bertuliskan Joy yang berarti kebahagiaan. Franky menegaskan akan selalu dampingi dan setia menemani Feby apapun yang terjadi. Unggahan ayah Petra Sihombing ini pun langsung banjir doa.

Saat kemoterapi itu merupakan hal yang berat bagi Feby. Karena selain sel sel kanker yang dimatikan, sel sel sehat dalam tubuh juga ikut kena. Jangankan untuk olahraga kadang-kadang untuk bangun dari tempat tidur saja susah.

"Sebelum mengidap kanker dan menjalani kemoterapi, aku tuh fit banget saat melakukan olahraga. Nah, saat menjalani kemoterapi aku tuh frutasi banget karena hanya bisa 15 menit dan untuk mengangkat tangan saja susah. Sampai akhirnya sekarang aku bisa melakukan yoga 1 - 1.5 jam seperti orang pada umumnya," jelasnya.

Foto: Instagram @febyfebiola_

Feby membagikan tips bagi kalian yang cancer warrior dan cancer survivor, covid, atau yang sedang sakit. Bahwa kita bisa melewati penyakit yang kita idap, asalkan kita tetap sabar menjalani proses penyembuhan, makan-makanan yang bergizi, seperti mengonsumsi nasi dari beras biasa yang dicampur dengan beras merah dan mengonsumsi daging yang rendah lemak, dan menghindari mengonsumsi makanan yang di-grill.

"Aku memang masih makan junk food, tapi sekarang porsinya sedikit. Aku lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur," jelasnya. Di samping itu, jangan lupa untuk istirhat yang cukup. Istirahat yang cukup membantu pemulihan saat sedang sakit.

Ia mengaku sangat bersyukur atas kesembuhannya dan semua itu diakuinya berkat istirahat yang cukup selain menjalani pengobatan medis. “Aku bersyukur kenapa aku cepat sembuh karena aku istirahatnya cukup. Istirahat atau tidur nyenyak membantu regenerasi sel-sel tubuh kita. Untuk bisa mendapatkan kualitas tidur kita harus bisa mengontrol pikiran kita agar tidur kita bisa nyenyak," tuturnya.

Menurutnya, selain pola makan dan istirahat, yang tidak kalah penting adalah rutin berolahrga. Untuk para cancer survivor maupun cancer warrior, Feby berpesan agar rutin melakukan olahraga setiap hari. Tidak harus dengan durasi olahraga yang panjang, tapi sesuaikan dengan kemampuan dan olahraga yang disukai.

"Penting juga untuk selalu berfikiran positif dan tetap enjoy dengan proses kesembuhan yang sedang dijalani," jelas penyuka olahraga yoga dan boxing.

Foto: Instagram @febyfebiola_

Saat ini, Feby lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Meski demikian, dirinya tidak mau lengah dalam menjaga stamina dan kesehatannya. Untuk itu, ia rutin mengonsumsi suplemen untuk membantu memelihara staminanya tetap fit.

Feby mengonsumsi Fufang Ejiao Jiang. Foto: Instagram @febyfebiola_

Suplemen ini membantu kamu agar tidak gampang drop saat menjalankan aktivitas padat sehari-hari. "Ini suplemen legendaris banget yang membantu menjaga daya tahan tubuh aku. Aku mengonsumsi Fufang Ejiao Jiang setiap hari. Keluargaku di rumah juga mengonsumsi suplemen ini," kata Feby menjelaskan.

Foto: Fufang Ejiao Jiang

Fufang Ejiao Jiang juga telah mendapatkan surat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Kemasannya juga praktis untuk dibawa dan dikonsumsi masyarakat modern saat ini.

Dari pengalaman Feby Febiola ini kita bisa memetik pelajaran yang sangat berharga bahwa kesehatan menjadi aset yang sangat berharga. Menjaga pola hidup sehat, berfikiran positif, rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh harus tetap menjadi prioritas rutin setiap hari.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan Fufang Ejiao Jiang, karena ini merupakan produk impor maka harus lebih teliti sebelum membeli. Pastikan dikemasan tertera nomor ijin POM-nya. Produknya juga sudah tersedia di berbagai online store serta official store SSAbadi (Tokopedia / Lazada). Pastikan produk yang asli, ya #CariYangDariSSA. Stay Safe, Stay Healthy!

 CM

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

(yao)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini