Korupsi Dana Triatlon, Mark Sungkar Dituntut 2,5 Tahun Penjara

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 33 2434078 korupsi-dana-triatlon-mark-sungkar-dituntut-2-5-tahun-penjara-Ce06kIVHvH.jpg Mark Sungkar didakwa 2,5 tahun penjara. (Foto: RCTI)

JAKARTA - Pengadilan Tipikor Jakarta telah menggelar sidang tuntutan kasus korupsi dana pelatnas Asian Games 2018 cabang olahraga triatlon yang melibatkan aktor Mark Sungkar. Oleh Jaksa Penuntut Umum, Mark dituntut 2,5 tahun penjara. 

"Menyatakan Terdakwa Mark Sungkar Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dalam Pasal 3 juncto Pasal 18 ayat (1) huruf b UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto UU Nomor 20 Tahun 2001, sebagaimana dimaksud dalam Dakwaan Subsidair Jaksa Penuntut Umum," bunyi salah satu poin tuntutan JPU, Kamis (1/7/2021). 

Mark Sungkar. (Foto: Okezone/Adiyoga Priambodo)

Selain dituntut hukuman penjara, Mark juga diminta membayar denda sebesar Rp50 juta oleh JPU. Menanggapi tuntutan JPU tersebut, Fahri Bachmid selaku kuasa hukum Mark Sungkar mengatakan bahwa kliennya tetap memberikan apresiasi.

Namun begitu, Mark Sungkar melalui Fahri juga akan menempuh upaya hukum lewat nota pembelaan atau pledoi. "Pada prinsipnya, kami tim kuasa hukum tidak sependapat dengan tuntutan JPU, karena berdasarkan fakta persidangan, Mark Sungkar tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana sangkaan JPU," terang Fahri. 

Dia menambahkan, "Hemat kami, tuntutan JPU sangat imajiner dan jauh dari fakta yang sesungguhnya. Ini adalah tuntutan yang tidak berdasar pada spirit keadilan yang substansial. Mark Sungkar tidak pernah mengambil satu rupiah pun atau diuntungkan dengan segala sesuatu sebagaimana tuntutan JPU."

Pembacaan pledoi Mark Sungkar rencananya akan dilakukan dalam sidang lanjutan, pada 8 Juli mendatang.*

Baca juga: 

Ungkapan Syukur Mark Sungkar Usai Jadi Tahanan Kota

Ketika Mbak You Meramal Hari dan Penyebab Kematiannya Sendiri


(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini