Pengisi Suara Doraemon, Tomita Kosei Meninggal Dunia

Lidya Hidayati, Jurnalis · Minggu 04 Oktober 2020 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 04 33 2288236 pengisi-suara-doraemon-tomita-kosei-meninggal-dunia-YEhLJUYMhM.jpg Doraemon (Foto: iMDB)

TOKYO - Kabar duka kembali datang dari anime Doraemon. Pengisi suara original karakter Doraemon, Tomita Kosei meninggal dunia di usia 84 tahun.

Mengutip The Star, Minggu (4/10/2020), Tomita mengembuskan napas terakhir pada 27 September lalu. Sang pengisi suara meninggal karena stroke.

Doraemon

"Rekan kami, Tomita Kosei meninggal dunia pada 27 September karena stroke," demikian pernyataan agensi Tomita di web resminya.

Tomita memulai kariernya sebagai pengisi suara di tahun 1963. Sepanjang kariernya, dia sudah mengisi suara lebih dari 50 karakter, salah satunya adalah Doraemon.

Baca Juga:

- Nurhasanah, Pengisi Suara Doraemon Tutup Usia

- Shandy Aulia Bahagia Putrinya Bisa Berjalan di Usia 7 Bulan

Almarhum menjadi pengisi suara Doraemon ketika anime ini pertama mengudara pada 1973. Dia kemudian digantikan oleh voice actor Masako Nozawa.

Jirokichi Suzuki

Selain Doraemon, Tomita mengisi karakter-karakter dari animasi-animasi terkenal lainnya. Tiga diantaranya adalah karakter Jirokichi Suzuki di Detektif Conan, ayah Bakabon di Heisei Tensai Bakabon, serta Dr. Hell di Mazinger Z.

Pada 2009, Tomita mendapat penghargaan Achievement Award dalam gelaran Seiyu Awards. Ini merupakan ajang penghargaan untuk para pengisi suara di Jepang.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini