Fakta Film Jurassic Park III, Perjuangan Mencari Putra yang Hilang di Pulau Dinosaurus

Evan Oktavianus, Jurnalis · Sabtu 03 Oktober 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 03 206 2287933 fakta-film-jurassic-park-iii-perjuangan-mencari-putra-yang-hilang-di-pulau-dinosaurus-scS3Rd5nzJ.jpg Jurassic Park III (Foto: Comicon)

JAKARTA - Film Jurassic Park III merupakan film aksi sci-fi yang disutradarai oleh Joe Johnston dan ditulis oleh Peter Buchman dan Michael Crichton. Film ini juga film yang rilis di tahun 2001 dan dibintangi oleh Sam Meill, William H. Macy, Téa Leoni, dan masih banyak lagi.

Okezone telah merangkum fakta lain dari film Jurrasic Park III, berikut daftarnya:

1. Memiliki Prekuel dan Reboot

Film ini merupakan film ketiga dari franchise Jurassic Park, dua film sebelumnya yaitu Jurassic Park (1993) dan The Lost World: Jurassic Park (1997). Selain itu, petualangan manusia melawan dinosaurus ini dibuatkan reboot dengan nama franchise Jurassic World, bersama dengan 2 film yang telah tayang, Jurassic World (2015) dan Jurassic World: Fallen Kingdom (2018), serta 1 film akan sedang diproduksi dan akan segera tayang tahun depan berjudul Jurassic World: Dominion (2021).

 

2. Sekuel Pertama yang Tidak Disutradarai oleh Steven Spielberg

Film ini disutradarai oleh Joe Johnston, yang dimana ia pertama kalinya menggarap franchise Jurassic Park. Dua film sebelumnya, digarap oleh sutradara Steven Spielberg.

3. Sinopsis

Eric (Trevor Morgan) dan ayah tirinya Ben (Mark Harelik) hilang di pulau Isla Sorna saat sedang melakukan parasailing. Beberapa minggu kemudian, orangtua Eric, Paul Kirby (William H Macy) dan Amanda (Tea Leoni) mendatangi seorang peneliti bernama Dr Alan Grant (Sam Neill), peneliti hewan liar dan pernah melakukan penelitian di Jurassic Park.

Tujuan Kirby dan Amanda mendatangi Dr Grant yaitu untuk meminta bantuan mencari putra mereka yang hilang di pulau Isla Sorna. Kirby dan Amanda pun menyamar menjadi sepasang orang kaya yang menawaran tur gratis ke Isla Sorna serta sumbangan dana untuk penelitiannya agar Dr Grant tidak curiga dengan tujuan mereka sebenarnya.

Selama penerbangan, Dr Grant menyadari bahwa Kirby dan Amanda berencana akan mendarat di Isla Nublar. Dr Grant protes, tetapi asisten mereka, Cooper (John Deihl) membuat Dr Grant tak sadarkan diri. Ternyata seekor Spinosaurus sedang berjalan menuju pesawat mereka. Tiba-tiba pesawat menabrak pohon. Spinosaurus kemudian menghancurkan pesawat dan memangsa Nash (Bruce A. Young).

Dr Grant akhirnya sadar bahwa dia telah ditipu. Kirby dan Amanda rupaya telah bercerai dan mereka juga bukan orang kaya. Kirby dan Amanda tidak bisa meminta tolong pihak berwajib untuk mencari anaknya sehingga menggunakan Dr Grant yang dulu memiliki pengalaman di Jurrasic Park sebagai pemandunya. Apakah putra mereka bisa ditemukan dengan bantuan Dr Grant?

 

4. Rating

Jurassic Park III berhasil mendapatkan nilai 5.9/10 dari 291.943 penilai di IMDb serta mendapatkan 49 persen Tomatometer dan 36 persen skor audiens dari Rotten Tomatoes.

5. Pendapatan

Joe Johnston berhasil melanjutkan tongkat estafet kesuksesan Steven Spielberg di dua prekuelnya. Buktinya, film ini berhasil mendapatkan penghasilan box office sebesar 368,8 juta USD dari anggaran produksi sebesar 93 juta USD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini