Arti Asha Smara Dara, Nama Baru Oscar Lawalata yang Kini Jadi Wanita

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 33 2270924 arti-asha-smara-dara-nama-baru-oscar-lawalata-yang-kini-jadi-wanita-UVlixzYWfg.jpg Oscar Lawalata. (Foto: IG @oscarlawalata)

JAKARTA - Oscar Lawalata memilih identitas sebagai wanita. Bahkan, dirinya kini memiliki nama baru, Asha Smara Dara. Oscar menyebut nama wanitanya memiliki arti yang dalam.

"Saya memilih untuk menjadi wanita, menjadi wanita seutuhnya. Nama baru saya Asha Smara Dara. Asha itu artinya harapan, Smara itu Cinta, dan Darra berarti pohon yang kuat," ungkap Oscar, seperti dikutip dari akun YouTube The Lawalatas, Selasa (1/9/2020).

Kendati memiliki nama baru, kakak Mario Lawalata tersebut tak keberatan ketika orang-orang memanggilnya Oscar.

"Kalau orang memanggil saya Asha saya senang. Tapi orang-orang terlanjur memanggil saya Oscar, saya enggak apa-apa, karena kan sayanya enggak berubah. Itu hanya sebuah nama," tutur dia.

Foto: IG @oscarlawalata

Pria 43 tahun tersebut mengaku perjalananya sebagai transgender tak berjalan mudah. Selain masih dipandang tabu oleh masyarakat, keluarganya sempat mempertanyakan pilihannya itu.

Baca juga:

Pilih Jadi Wanita, Oscar Lawalata: Ini Proses yang Sangat Lama

Oscar Lawalata Mengaku Transgender, Apa Bedanya dengan Transeksual?

"Waktu saya cerita ke mama saya dan Mario (sang adik), mereka enggak langsung mengerti. Mereka banyak bertanya 'memang harus begini begitu'. Ini proses yang sangat lama sampai di satu titik saya adalah seorang wanita," katanya.

Kendati demikian, ia mengaku lebih tenang setelah memilih sebagai seorang wanita. Pertanyaan tentang jati dirinya sudah dirasakannya sejak usia remaja. Ia mengaku ada rasa senang di hatinya ketika ia keluar dari kodratnya sebagai laki-laki.

"Selama 5 tahun, saya mulai berpikir apa itu transgender dan saya mulai pelajari. Saat itu saya mulai tenang karena merasa bahwa jadi ini aku,” ungkap dia.

Foto: IG @oscarlawalata

Oscar dikenal sebagai desainer kenamaan asal Indonesia. Ia juga merupakan putra dari aktris senior Reggy Lawalata. Ia pernah belajar di sekolah mode di Jakarta, Esmod. Namun memilih tak menyelesaikannya untuk membuka usahanya sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini