Alasan Kereta Cepat Korea Pasang Poster Ultah Jungkook BTS

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 10:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 205 2270664 alasan-kereta-cepat-korea-pasang-poster-ultah-jungkook-bts-nbzmaEVS4F.jpeg Jungkook BTS (Foto: Big Hit Entertainment)

SEOUL - Fanbase ARMY di China punya cara spesial merayakan ulang tahun Jungkook BTS. Mereka diketahui memasang proyek iklan poster ulang tahun di sepanjang gerbong kereta cepat Korea, atau biasa disebut KTX (Korea Train Express).

Menariknya, birthday project besar-besaran untuk Jungkook BTS ini menandai momen promosi iklan di bagian luar gerbong kereta KTX diperbolehkan untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 16 tahun dalam sejarah. .

Baca Juga:

Rayakan Ulang Tahun Jungkook BTS, Fans Pasang Wajah Sang Idola di Kereta KTX

Pandemi COVID-19, Jungkook BTS Bagikan Rahasia Tetap Sehat di Rumah

Jungkook BTS di KTX


Meskipun sebelumnya, pihak KORAIL pernah menampilkan proyek iklan untuk mempromosikan tempat-tempat wisata lokal di Korea serta perhelatan acara internasional. Namun birthday project untuk perayaan ulang tahun seorang bintang idol ini, merupakan iklan komersial pertama di KTX setelah yang terakhir kali pada 2004 silam.

Terkait pemasangan poster iklan ulang tahun Jungkook BTS tersebut, pihak KORAIL sendiri selaku manajemen resmi yang mengelola KTX tersebut tak menampik memang ada perdebatan yang terjadi. Bagi pihak yang kontra, pemasangan iklan seperti ini bisa memicu kontroversi.

“Dengan memasang iklan komersial, alih-alih mempromosikan acara nasional atau acara lokal di Korea, hal ini dapat menimbulkan kontroversi yang tak diperlukan bagi perusahaan,” bunyi keterangan dari KORAIL.

Namun di sisi lain, pihak manajemen KORAIL melihat proyek iklan ulang tahun semacam ini bisa mendatangkan pendapatan sekaligus sebagai sarana promosi dari layanan kereta cepat KTX itu sendiri.

“Gara-gara pandemi COVID-19, jumlah penumpang KTX menurun secara drastis. Jadi dibutuhkan cara untuk mendapat sumber pendapatan baru. Dengan adanya Hallyu wave, terutama demam K-Pop ini bisa mendatangkan pendapatan. Jika proyek pemasangan iklan seperti ini juga menarik perhatian publik luar negeri, sekaligus dapat meningkatkan pengenalan dari layanan KTX itu sendiri,” keterangan resmi KORAIL, dikutip Koreaboo, Selasa (1/9/2020).

Baca Juga:

Jimin BTS dan Baekhyun EXO Dominasi Peringkat Reputasi Brand Bulan Juni

Jungkook BTS Akhirnya Minta Maaf soal Kunjungan ke Bar di Itaewon

Jungkook BTS

Usai perdebatan yang terjadi, namun akhirnya pihak manajemen KORAIL menyetujui permintaan untuk proyek pemasangan iklan perayaan ulang tahun Jungkook BTS, yang memajang wajah Jungkook serta ucapan selamat tahun di sepanjang badan bagian luar gerbong kereta KTX untuk rute Busan-Seoul dan Seoul-Busan.

“Benar jika dibilang kami merasakan ada sedikit tekanan, soal bagaimana reaksi dari proyek iklan ini. Tapi dengan situasi sulit yang terjadi di manajemen, mudah-mudahan dengan ini jadi jalan pembuka untuk iklan-iklan berikutnya di masa depan dan juga membantu Korean Wave,” tambah KORAIL.

Untuk diketahui, kereta KTX yang bagian gerbongnya dibungkus oleh poster iklan ulang tahun Jungkook BTS ini akan memulai rute perjalanan pertamanya pada 1 September 2020 pukul 8.30 pagi waktu Korea, dengan keberangkatan dari Stasiun Haengsin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini