Wajah Bayinya Alami Ruam, Mona Ratuliu: Tetap Jalani SOP

Lintang Tribuana, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 11:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 33 2267033 wajah-bayinya-alami-ruam-mona-ratuliu-tetap-jalani-sop-oZuXMfwpfS.jpg Mona Ratuliu (Foto: Instagram)

JAKARTA - Mona Ratuliu membagikan kondisi terbaru putri bungsunya, Numa Kamala Srikandi lewat unggahan Instagram. Wajah bayi mungil itu dipenuhi ruam merah.

"Siapa yang bayinya kulitnya merah-merah kayak Numa? 2-3 hari belakangan kulit Numa memerah dan agak berair," tulis Mona seperti dikutip dari Instagramnya pada Selasa (25/8/2020).

Menurut Mona, kulit wajah bayinya memerah bukan karena sering dicium atau terkena ASI. Melainkan karena Dermatitis Atopik, kondisi yang terjadi akibat peradangan pada kulit.

"Kalau ada yang bayinya kulitnya mirip Numa begini, ini namanya: Dermatitis Atopik. Biasa dikenal juga dengan eksim. Pemicu munculnya ruam merah ini biasanya karena alergi," tuturnya.

 

Baca Juga: Mona Ratuliu dan Indra Brasco Ungkap Arti Nama Anak Keempatnya

Mona menjelaskan bahwa kondisi tersebut biasanya karena faktor keturunan. Dia sendiri tak kaget, sebab putri ketiganya, Nala juga pernah mengalami hal serupa.

"Lebih parah dari Numa. Bahkan kalau Nala ada satu waktu kulitnya sampai bernanah," tulisnya lagi.

Lebih lanjut, Mona menuturkan bahwa kondisi ini tak ada obatnya dan hanya perlu dicari penyebab alerginya, karena masalah setiap anak berbeda-beda. Istri Indra Brasco itu pun berbagi saran umum kepada para ibu yang anaknya mengalami kejadian serupa.

"Tetap jalanin SOP standard buat alergi sih, jauhin barang-barang yang jadi pemicu tersimpannya debu, cari sabun dan lotion yang paling cocok sama kulitnya si kecil. Bundanya kalau kasih ASI sementara hindari seafood, telur dan produk yg mengandung susu dan keju," tulis Mona.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini