Alasan Lidya Pratiwi Ubah Identitas Setelah Bebas Bersyarat

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2020 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 11 33 2228312 alasan-lidya-pratiwi-ubah-identitas-setelah-bebas-bersyarat-v49zhkaLeJ.jpg Lidya Pratiwi.

JAKARTA - Pengadilan Negeri Jakarta Barat membeberkan alasan Lidya Pratiwi mengubah identitas pasca bebas bersyarat. Dijelaskan Humas Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Eko Ariyanto, Lidya ingin mengganti identitas karena merasa tidak cocok dengan nama lamanya.

“Nama yang lama, menurut yang bersangkutan, sudah tidak cocok lagi,” ujarnya saat dihubungi awak media baru-baru ini.

Namun, Pengadilan Negeri Jakarta Barat juga tidak bisa memastikan apakah ada alasan lain Lidya Pratiwi mengganti identitas. Termasuk soal isu perpindahan keyakinan Lidya yang membuatnya mengubah nama.

“Untuk alasan pindah agama, tidak disebutkan dalam berkas perkara,” jelas Eko.

Lidya Pratiwi mengajukan permohonan penggantian identitas pada Desember 2013. Tercantum dalam salinan putusan di laman resmi Pengadilan Negeri Jakarta Barat, identitas Lidya berubah menjadi Maria Eleanor.

“Memberi ijin kepada Pemohon untuk mengganti nama Pemohon dari Lidya Pratiwi diganti menjadi Maria Eleanor dan selanjutnya menyebut dirinya menjadi Maria Eleanor,” bunyi penetapan hakim soal perubahan identitas Lidya Pratiwi.

Baca juga: Lidya Pratiwi Dapat Remisi Sampai 30 Bulan, Ini Alasannya

Lidya Pratiwi divonis 14 tahun penjara setelah dinyatakan terbukti ikut membantu tindak pidana pembunuhan terhadap kekasihnya, Naek Gonggom Hutagalung pada 2006. Ketika itu, paman dan ibu Lidya yang merupakan dalang pembunuhan terhadap Naek ingin menguasai harta sang pengusaha karena terlilit utang.

Sempat diperkirakan bebas tahun ini, Lidya Pratiwi ternyata sudah keluar dari penjara sejak 2013. Menurut keterangan resmi Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM, Lidya ketika itu mendapat pembebasan bersyarat dengan masa percobaan 5 tahun.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini