Suga BTS (Agust D) Beberkan Inspirasi di Balik Musik Daechwita

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2020 05:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 23 205 2218336 suga-bts-agust-d-beberkan-inspirasi-di-balik-musik-daechwita-n8CuBqDPdA.jpg Suga BTS di MV Daechwita (Foto: YouTube Big Hit Ent.)

SEOUL - Suga BTS resmi menandai comeback-nya sebagai Agust D pada 22 Mei 2020 dengan merilis mixtape ke-2 bertajuk D-2. Lagu Daechwita didapuk sebagai title track mixtape ini.

Daechwita merujuk pada genre musik tradisional Korea dimana alat musik pukul dipakai untuk memainkan musik militer. Hal ini terasa betul dalam MV Daechwita yang bersetting kerajaan.

Suga BTS

Bukan tanpa alasan Agust D mengambil unsur tradisional Korea untuk comeback kali ini. Menurut Agust D, sudah sejak awal ia terpikirkan tentang musik tradisional Korea.

"Tema Daechwita sudah ada di otakku ketika pertama kali aku menggarap track ini. Jadi aku mencoba suara asli Daechwita," tutur Agust D seperti dikutip dari Koreaboo, Sabtu (23/5/2020).

Baca Juga:

Comeback sebagai Agust D, Suga BTS Rilis Mixtape D-2 dan MV Daechwita

Kesadaran Masyarakat Berkurang, Kalina Octaranny Geram Kasus Corona Meningkat

"Pikiran pertamaku adalah aku ingin mencoba musik yang dimainkan saat upacara ketika raja sedang berjalan. Jadi sudah sewajarnya unsur-unsur dasar (musik) Korea jadi komponen penting di track sekaligus MV ini," lanjutnya.

Sementara itu, D-2 total memiliki 10 track. Butuh waktu empat tahun bagi Suga atau Agust D untuk menyelesaikan proses produksi lagu-lagu di mixtape keduanya ini.

Suga BTS

Suga pertama kali merilis mixtape pada 2016. Pada awal Mei lalu, pemilik nama asli Min Yoongi tersebut sempat membeberkan proses penggarapan mixtape ke-2.

"Yang bisa kukatakan adalah tanggal rilisnya tidak akan dalam waktu dekat. Tidak akan rilis dalam waktu-waktu dekat ini," paparnya. (LID)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini