Janji Istri untuk Zul Zivilia di Bui: Aku Akan Tetap Bertahan

Rena Pangesti, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 04 33 2149188 janji-istri-untuk-zul-zivilia-di-bui-aku-akan-tetap-bertahan-bcbPAZlr33.jpg Retno Paradinah. (Foto: YouTube/Hotman Paris Show)

JAKARTA - 2019 tampaknya menjadi momen kelam bagi keluarga kecil musisi Zul Zivilia. Dia divonis 18 tahun penjara akibat penyalahgunaan narkotika. Putusan itu, membuat istrinya, Retno Paradinah merasakan sedih mendalam.

Dengan empat anak yang masih kecil, Retno ‘dipaksa’ menjadi kepala keluarga untuk keluarga kecil mereka. Atas kondisi itu, Zul mengaku siap dan ikhlas apabila sang istri ingin meninggalkan dirinya.

 Zul Zivilia ikhlas istrinya menikah kembali. (Foto: Instagram/@retnoparadinah)

Namun keinginan Zul itu dijawab Retno dengan sebuah sikap tegas. Dia mengklaim, tak punya niat untuk meninggalkan suaminya. “Aku akan tetap bertahan. Insya Allah bisa sabar tahun ini dan kedepannya,” kata perempuan berhijab tersebut kepada Okezone, Sabtu (4/1/2020).

Retno mengatakan, dia tak mungkin meninggalkan suami yang menikahinya sejak 2010 tersebut. Dan keputusan tersebut, menurutnya, telah direstui keluarga kedua belah pihak.

Baca juga: Zul Zivilia Dipenjara 18 Tahun, Istri Bingung Jelaskan ke Anak

“Kami senang bersama, masak iya pas susah malah saya tinggalkan? Enggak lah,” ujar Retno bernada bijak.

Alih-alih pergi meninggalkan Zul, Retno malah semakin rajin memberikan dukungan pada sang suami dengan mendatanginya ke rutan. “Senin (30/12/2019) kemarin saya ke sana dan kami makan bersama. Karena hanya itu yang bisa saya lakukan. Aku tanya dia butuh apa di dalam. Kalau ada uang, ya saya kasih,” ungkapnya.

Bertahan Hidup Tanpa Suami

Menjalankan rumah tangga tanpa kehadiran suami memang bukan tanggung jawab kecil bagi Retno Paradinah. Hal itu pun disadari penuh olehnya. Karena itu, dia semakin giat berdagang pakaian lewat Internet.

Alhamdulillah, uangnya bisa untuk keperluan sehari-hari dan kebutuhan anak sekolah,” tutur Retno.

 Zul Zivilia ikhlas istrinya menikah kembali. (Foto: Instagram/@retnoparadinah)

Tak hanya itu, dia bersyukur, beberapa rekan artis mengulurkan tangan untuk membantu perekonomian keluarga kecilnya. “Bang Billy (Syahputra) ngasi Rp2 juta. Mas Uya Rp1 juta. Kalau Mas Eko Patrio bantu kami Rp10 juta. Mereka bilang, untuk anak-anak sekolah.”

Namun Retno tak ingin selalu mengharapkan bantuan dari orang. Dia pun gencar mempromosikan barang-barang dagangannya, baik itu dengan menawarkan kepada tetangga, menitipkannya pada saudara, hingga berpromosi melalui berbagai platform online.

Ke Mana Papa?

Sementara Retno Paradinah harus membanting tulang untuk mencukupi perekonomian keluarga, dia juga menghadapi pertanyaan dari anak-anaknya. Putra sulungnya yang telah berusia 8 tahun mulai sering mempertanyakan keberadaan sang ayah.

 Zul Zivilia ikhlas istrinya menikah kembali. (Foto: Okezone)

“Dia tanya, ‘Ke mana Papa?’ Aku jawab, ‘Papa sedang sekolah di Cipinang’. Jadi, sampai sekarang anak-anakku tahunya papanya ada di Cipinang untuk belajar,” ungkapnya.*

Baca juga: Mantan Istri Meninggal Dunia, Sule: Allah Sayang Sama Dia

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini