nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kim Ji-Young: Born 1982, Gambaran Nyata Kehidupan Wanita dalam Sistem Patriarki

Lidya Hidayati, Jurnalis · Rabu 20 November 2019 15:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 20 206 2132263 kim-ji-young-born-1982-gambaran-nyata-kehidupan-wanita-dalam-sistem-patriarki-1FVAZT64ke.jpg Kim Ji-Young: Born 1982 (Foto: Lotte Cultureworks)

SEOUL - Film Kim Ji-Young: Born 1982 sempat menuai kontroversi karena dianggap mendukung perjuangan wanita dalam kehidupan masyarakat Korea Selatan yang kental dengan patriarki. Namun, film yang dibintangi Gong Yoo dan Jung Yu Mi itu nyata sukses hingga ditonton lebih dari 1 juta penonton.

Baca Juga: Film Terbaru Gong Yoo, Kim Ji Young, Born 1982 Umumkan Tanggal Rilis

Kim Ji Young, Born 1982

Sukses di negara asalnya, Kim Ji-Young: Born 1982 kini diputar di bioskop Indonesia. Film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Cho Nam-Joo tersebut tayang di bioskop Tanah Air mulai 20 November 2019.

Kim Ji-Young: Born 1982 bercerita tentang kehidupan Kim Ji-Young yang mendapat perlakuan kurang menyenangkan karena dia adalah wanita.

Gong Yoo dan Jung Yu Mi - Kim Ji Young, Born 1982

Kim Ji-Young pernah ditegur oleh ayahnya karena ia diganggu anak lelaki sepulang sekolah. Saat sudah bekerja, Kim Ji-Young tak dipromosikan oleh bosnya hanya karena ia adalah wanita.

Jung Yu Mi - Kim Ji Young, Born 1982

Ketika akhirnya menikah dengan Jeong Dae-hyeon dan punya anak, Kim Ji-Young harus rela resign dari pekerjaannya dan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya. Tak jarang ketika mengasuh putrinya, Kim Ji-Young mendengar nyinyiran orang-orang di sekitarnya.

Awalnya, Kim Ji-Young menjalani hidupnya dengan baik. Tidak ada yang aneh, sampai suatu hari ia berbicara dengan tidak wajar pada Jeong Dae-hyeon. Kim Ji-Young berbicara seolah ia adalah orang lain.

Hal tersebut terjadi berkali-kali. Tak tega melihat keadaan sang istri, Jeong Dae-hyeon diam-diam menemui ahli kejiwaan untuk mendiskusikan keadaan Kim Ji-Young.

Gong Yoo - Kim Ji Young, Born 1982

Sutradara Kim Do-Young mampu meramu Kim Ji-Young: Born 1982 menjadi sebuah film yang sarat makna sekaligus menguras air mata. Chemistry apik Jung Yu Mi dan Gong Yoo mampu membuat penonton makin masuk dalam cerita Kim Ji-Young: Born 1982.

Sepanjang 120 menit pemutaran film, penonton akan bisa merasakan sakit yang dirasakan Kim Ji-Young. Di saat lain, penonton akan dibuat berkhayal memiliki suami layaknya Jeong Dae-hyeon.

Baca Juga: Blakblakan, Nikita Mirzani Akui Lepas Keperawanan di Usia 23 Tahun

Walau tak persis sama dengan versi novelnya, namun film Kim Ji-Young mampu menyampaikan semua pesan dari novelnya. Film yang juga dibintangi aktris senior Kim Mi-Kyung itu memperlihatkan pentingnya memperlakukan wanita dan pria secara sama di berbagai aspek kehidupan, bahwa ibu rumah tangga bukanlah pekerjaan mudah, dan tak ada yang salah jika wanita yang bekerja sementara pria menjaga anak di rumah.

1
3
BERITA FOTO
+ 7

Aksi Panggung Taemin SHINee bikin Heboh Malam Puncak HUT ke-30 RCTI

Penyanyi asal korea Taemin SHINee saat memeriahkan malam puncak HUT ke-30 RCTI.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini