Selain Gebby Vesta, 3 Artis Ini Akui Diri sebagai Transeksual

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 23 September 2019 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 23 33 2108119 selain-gebby-vesta-3-artis-ini-akui-diri-sebagai-transeksual-5ehuWa1tDS.jpg Dena Rachman (Foto: Instagram @denarachman)

JAKARTA – Gebby Vesta pada akhirnya mengakui dirinya telah berganti kelamin menjadi seorang perempuan alias transeksual. Hal tersebut dikemukakan model seksi ini melalui postingan di Instagram pada 19 September lalu.

Gebby Vesta menjalani operasi kelamin pada tahun 2013 saat ia sedang meniti karier di Jakarta. Namun jauh sebelum memutuskan mengubah jati dirinya tersebut, Gebby telah berdandan layaknya perempuan sejak tahun 2000.

“Ini adalah pergolakan batin yang kurasakan. Sampai akhirnya bisa mengakui kalau aku (dulunya) adalah laki-laki,” tutur Gebby Vesta.

Pengakuan Gebby Vesta baru dilakukannya saat ini, lantaran beberapa tahun silam ia khawatir jika jati dirinya terbongkar akan berdampak pada pekerjaannya. Namun kini rasa takut itu hilang lantaran ia telah memutuskan akan pensiun dari dunia hiburan.

Baca juga: Disebut Bencong, Gebby Vesta Ngamuk hingga Ditetapkan Tersangka

“Aku ingin merawat orangtua dan menjalani bisnis dengan menjadi orang yang jujur atas keadaanku sebenarnya,” imbuhnya.

Gebby Vesta bukan satu-satunya artis Indonesia yang mengakui jati dirinya. Ada beberapa lainnya seperti Dorce Gamalama, Dena Rachman hingga Solena Chaniago yang juga melakukan operasi kelamin.

1. Dorce Gamalama

Dorce Gamalama

Dorce Gamalama bisa jadi menjadi sosok yang dikenal pertama kali mengakui dirinya adalah laki-laki di kalangan selebriti Tanah Air. Sejak tahun 1983, artis bernama asli Dedi Yuliardi Ashadi berganti kelamin menjadi perempuan.

Hal itu berawal dari keinginan Dorce yang lebih menyukai laki-laki ketimbang perempuan, hingga terlibat dalam acara lawak dengan penampilannya menyerupai perempuan. Sampai akhirnya ia merasa nyaman dengan penampilannya tersebut dan menjalani operasi kelamin di Surabaya.

Dorce Gamalama meyakini jika menjadi transeksual tidak akan memengaruhi kariernya sebagai entertainer. Hal itu telah dibuktikan perempuan 55 tahun itu selama ini.

“Kemarin sempat ada kejadian ada orang yang sok ke perempuan tampil di televisi. Tapi dulu saya membuktikan 4 tahun bawa acara program tv enggak ada tuh yang gayanya seperti ‘ee kamu apa kabar?’ Itu bukan untuk dipermainkan,” ujarnya dalam tayangan Alvin and Friends pada November 2018.

Dorce menambahkan prestasi lain yang dibanggakan meski berstatus transeksual yaitu menghibur enam presiden yang dimulai dari Soeharto hingga Joko Widodo.

2. Dena Rachman

Dena Rachman

Dena Rachman mengalami pergolakan batin sejak dirinya masih berusia anak-anak. Berjenis kelamin laki-laki, sosok artis cilik bernama lengkap Renaldy Denada Rachman itu tak menyukai permainan anak laki-laki.

“Jika mereka suka bermain bola, lari-lari, bahkan berkelahi, aku tidak. Aku lebih tenang, lebih kalem. Dari kecil aku suka bermain dengan baju-baju mama, koleksi kosmetik miliknya,” ujar Dena pada 2013 lalu.

Baca juga: Arie Untung dan Kontroversi Terompet Sangkakala

Ketidaknyamanan itu terus dirasakan olehnya, sampai pada ia lulus sarjana di Universitas Indonesia. Di usia 21 tahun, ia mengungkapkan perasaannya yang berbeda itu kepada sang mama menjadi seorang perempuan.

Dukungan rupanya diberikan, hingga pada usia ke-27 tahun, Dena Rachman menjalani operasi kelamin. Ia mengatakan setelah perubahan itu dilakukan, banyak hal positif yang bisa dilakukan. “Aku bisa berkarya dan berkreasi untuk orang-orang,” ujarnya dalam tayangan Go Spot RCTI pada 2015 silam.

3. Solena Chaniago

Solena Chaniago

Solena Chaniago menjadi artis lain yang mengakui jati diri sebagai laki-laki. Bintang film The Brooklyn Finest (2010) ini butuh waktu 10 tahun menjadi perempuan seutuhnya. Hal itu dilakukannya dengan menjalani sejumlah operasi.

"Saya memulainya dengan hormon terapi yang membuat kulit saya lebih feminim, lebih halus," ungkap Solena Chaniago kepada Okezone Maret silam.

Setelah puas dengan hasil tersebut, Solena menambahkan dengan memoles jidat dan mengikis jakun hingga operasi di bagian payudara. Hingga akhirnya perempuan yang kini berprofesi sebagai hairstylist di Amerika itu memutuskan menjalani operasi payudara dan kelamin.

Ia mengaku menggelontorkan biaya yang mahal menjalani operasi tersebut lantaran memilih dokter yang terbaik. “Biaya relatif karena beda negara pasti memengaruhi kursnya. Tapi yang termahal memang operasi vaginoplasty,” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, Vaginoplasty (vaginoplasty) adalah prosedur bedah untuk membuat, mengkonstruksi, atau merekonstruksi vagina.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini