nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Warisan Ustadz Arifin Ilham untuk Keluarga Besarnya

Rena Pangesti, Jurnalis · Selasa 28 Mei 2019 11:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 28 33 2061209 3-warisan-ustadz-arifin-ilham-untuk-keluarga-euWh2P4cWw.jpg Ustadz Arifin Ilham (Foto: Instagram)

JAKARTA – Ustadz Arifin Ilham memang telah wafat, meninggalkan keluarga termasuk masyarakat Indonesia. Namun amalan dzikir dan nilai-nilai Islami yang menjadi dakwahnya, menjadi kenangan tersendiri di hati ummat muslim.

Peninggalan dari Arifin Ilham bukan hanya berupa ucapan baik dan amalan sholeh. Tetapi juga barang yang sengaja diberikan olehnya khusus kepada keluarga, misalnya saja sang putra sulung, Muhammad Alvin Faiz.

Alvin Faiz yang ditemui saat mengunjungi makam almarhum Arifin Ilham mengatakan jika dirinya menerima tiga barang warisan dari sang ayah. Diantaranya adalah jam tangan, jubah berwarna merah dan tasbih di dalamnya.

“Sebenarnya pemberian abi itu banyak sekali, tapi tiga barang ini berkesan untuk Alvin. Arloji ini dikasih sama Abi belum setahun dan selalu aku pakai. Kemudian untuk jubah, pas umi bilang untuk pilih salah satu baju abi, aku pilih yang warnanya terang dan ternyata di kantongnya itu masih ada tasbih beliau,” kata Alvin dalam tayangan Silet, Selasa (28/5/2019).

Selain tiga barang yang diterima oleh Alvin Faiz, Ustadz Arifin Ilham juga memberikan warisan lainnya untuk keluarga besar. Lantas apa saja warisan tersebut? Berikut Okezone merangkumnya.

1. Sarung Arifin Ilham untuk putri bungsu

 Ustadz Arifin Ilham

Istri ketiga Ustadz Arifin Ilham, Umi Akhtar menuliskan sebuah cerita saat anaknya, Shofia Dzikriya Arifin itu sempat rewel selama dua hari pasca sang ustadz meninggal dunia. Kemudian, ibunda Arifin memberikan sebuah sarung milik putranya untuk dipakaikan sebagai selimut Shofia, anak bungsu Arifin Ilham.

"Qadarullah, mamanya ustadz, neneknya Shofi datang. Shofi dipakaikan sarung abinya, langsung tenang. Subhanallah, kangen abi ya nak," tulis Umi Akhtar di Insta Story.

2. Rekaman suara Arifin Ilham

 Ustadz Arifin Ilham

Arifin Ilham dikenal sebagai sosok pendakwah dengan suara khasnya yang serak namun menenangkan. Rupanya, Umi Akhtar ini menyimpan rekaman suara yang berisi pesannya kepada istri-istri dengan panggilan sayang ‘neng’.

Rekaman tersebut juga dijadikan pesan Umi Akhtar untuk putrinya Shofi kelak saat ia sudah beranjak dewasa.

“Shofi, jadilah wanita sholehah, mujahidah Al quran. Bila nanti mamah tak sempat bercerita, bukalah Instagram ini nak, akan ada cerita tentang abi, seorang imam yang penuh kasih sayang kepada ketiga isterinya,” tulis Umi Akhtar di Instagramnya.

Shofi sendiri diketahui baru dua kali bertemu sang abi, pertama saat dirinya berusia dua minggu, serta untuk kedua kalinya menjadi pertemuan terakhir sebelum Arifin Ilham dimakamkan. Namun diharapkan lewat rekaman ini, sang putri bisa mengenak sosok sang ayah yang disayangi oleh ummat muslim.

3. Pondok Pesantren Az Zikra & bisnis Arifin Ilham

 Ustadz Arifin Ilham

Tidak bisa dipungkiri jika Arifin Ilham meninggalkan tanggung jawab besar kepada anak-anaknya untuk mengurus pondok pesantren serta bisnis yang dilakukan oleh pria 49 tahun ini sepanjang hidupnya. Sebagai anak tertua, Alvin Faiz bekerja sama dengan adiknya untuk mengurus segalanya.

Misalnya untuk pondok pesantren Az Zikra serta manajemen akan diatur oleh Alvin Faiz. Sementara sosok yang nantinya akan meneruskan dakwah Arifin Ilham adalah sang adik, Ameer Azzikra.

“Ameer itu kalau dakwah memang pembawaannya seperti abi. Jadi saya rasa dia lebih pantas untuk melanjutkan perjuangan abi. Tapi ditanya siap atau enggak kami, terutama saya sebagai pengganti abi sebagai anak tertua, jujur belum. Saya minta didoakan saja,” kata Alvin dalam tayangan Silet. (edh)

1
2
BERITA FOTO
+ 4

Melihat Kembali KH Arifin Ilham saat Jalani Perawatan di RS Malaysia

KH Arifin Ilham meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Malaysia. (Foto: Instagram @kh_m_arifin_ilham)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini