nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BTS Tersandung Kasus Plagiarisme, Agensi Buka Suara

Rena Pangesti, Jurnalis · Senin 25 Februari 2019 23:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 25 205 2022735 bts-tersandung-kasus-plagiarisme-agensi-buka-suara-WedC9dh2RK.jpg BTS. (Foto: Billboard)

SEOULBTS diterpa isu penjiplakan karya. Hal ini bermula ketika fotografer Perancis bernama Bernard Faucon mengklaim ada kesamaan antara video klip BTS dengan koleksi karyanya dalam ‘Summer Holidays’ yang dirilis pada 1978.

Adapun kesamaan yang diklaim Faucon adalah beberapa foto dari album foto ’The Most Beautiful Moment in Life’ yang dirilis BTS pada 2016. Selain itu, dia juga menyebut, ada kesamaan antara karyanya dengan video klip Blood, Sweat & Tears.

Baca juga: Saif Ali Khan Jawab Isu Mualaf Kareena Kapoor

Faucon mengklaim, BTS meniru latar belakang dan struktur produksi proyek foto miliknya berjudul The Banquet yang diambil dari proyek ‘Summer Holidays’ yang dirilisnya pada 1978. Kesamaan itu ditemuinya pada manikin dan latar belakang foto.

Tak cukup sampai di situ, Faucon juga mengklaim, judul album BTS terispirasi dari judul proyek film miliknya, ‘The Most Beautiful Day of My Youth’. Proyek itu, menurut dia, digarapnya di 25 negara sepanjang 1997 hingga 2003.

Pada Agustus dan September 2018, Bernard Faucon menuntut kompensasi dan permintaan dari Big Hit Entertainment selaku agensi BTS. Namun permintaan Faucon itu dijawab Big Hit Entertainment dengan bantahan. Agensi itu menegaskan, tak ada kemiripan antara foto maupun video klip BTS dengan karya Faucon.

Namun Faucon tetap bersikukuh hingga akhirnya menyurati Big Hit Entertainment, pada Oktober 2018. Surat itu meminta agensi BTS untuk mengungkapkan bahwa mereka memang terinspirasi dari karya-karya Faucon sebagai bentuk penghormatan.

“Saya senang mereka terinspirasi dari karya-karyaku dan tak ada niat untuk membawa masalah ini ke jalur hukum. Aku hanya ingin pengakuan bahwa mereka memang terinspirasi dari karyaku,” ujar Faucon seperti dikutip dari Koreaboo, pada Senin (25/2/2019).

Baca juga: BTS Umumkan Tur Konser Dunia, Indonesia Masuk Daftar?

Terkait klaim itu, Big Hit Entertainment kemudian merilis keterangan terbaru mereka, pada Senin (25/2/2019). Big Hit Entertainment menyatakan bahwa mereka telah menyanggah klaim penjiplakan itu tahun lalu.

Kedua belah pihak kemudian bertukar sertifikat dan Bernard Faucon meminta permintaan maaf dan kompensasi. "Pada September 2018, galeri itu mengklaim kesamaan itu dan kami telah merilis pernyataan kami bahwa klaim itu tidak benar," ujar Big Hit Entertainment.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 6

WOW! BTS Jadi Boygroup Korea Selatan Pertama yang Tampil di American Music Awards

Boygroup Beyond The Scene (BTS) hadir pada acara American Music Awards 2017 di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Minggu (19/11/2017) waktu setempat. (REUTERS/Mario Anzuoni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini