Mengingat Kembali Perjalanan Wanna One, dari Prestasi hingga Kontroversi

Nurdiana, Jurnalis · Senin 31 Desember 2018 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 31 33 1998151 mengingat-kembali-perjalanan-wanna-one-dari-prestasi-hingga-kontroversi-G52plrVnZq.jpg Wanna One (Foto: Instagram/@wannaone.official)

SEOUL - Perjalanan karier Wanna One sudah berakhir. Boyband yang dibentuk lewat ajang survival ini resmi bubar pada 31 Desember 2018.

Melakukan debut pada Agustus 2017, Wanna One menjadi salah satu grup K-pop yang fenomenal. Meski karier Wanna One hanya sebentar, tetapi penghargaan yang mereka terima juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Berikut perjalanan karier Wanna One dari penghargaan yang mereka terima hingga skandal yang ia rasakan sepanjang karirnya

1. Debut di Gocheok Sky Dome

Debut Wanna One dirayakan dalam sebuah konser khusus pada 7 Agustus 2017 bertempat di Gocheok Sky Dome. Konser ini dihadiri 20 ribu penonton. Wanna One menjadi idol pertama yang melakukan debut di venue yang terbesar di Korea Selatan. Sebelumnya artis besar seperti EXO dan BTS melakukan konser di tempat tersebut, namun tidak saat debut mereka.

2. Kesuksesan Lagu Debut

Lagu dan album debutnya sukses mencuri hati banyak orang. Energetic sukses menjadi lagu debut Wanna One yangmencuri hati banyak orang, terbukti lagu ini berhasil menduduki posisi pertama seluruh tangga lagu di layanan streaming Korea Selatan begitu dirilis. Bukan hanya itu saja, MV Energetic ditonton sebanyak 4 juta kali dalam sehari penayangan, mencatatkan rekor sebagai MV debut yang paling banyak ditonton. Album debut mereka yang bertajuk 1x1=1 (To Be One) terjual lebih dari satu juta copy. Atas pencapaian ini, Wanna One disebut sebagai grup K-Pop pertama di abad ke-21 yang album debutnya laku satu juta keping.

3. Berbicara Kasar saat Siaran Live

Meski banyak mendapatkan penghargaan, selama perjalanan kariernya terdapat kasus yang harus Wanna One terima. Saat Maret 2018, beredar video Wanna One berbicara kasar. Hal itu terjadi saat mereka ingin melakukan siaran Star Live dari MNet.

Sesaat sebelum siaran mereka melakukan tes kamera, tanpa sadar kamera tersebut sudah dalam posisi merekam dan pada saat itu para anggota Wanna One sedang bercanda. Beberapa anggota mengungkapkan komplain atas pekerjaan mereka. Atas kejadian tersebut agensi Wanna One, YMC Entertaiment, anggota Wanna One, dan Mnet secara resmi mengeluarkan permintaan maaf mereka.

4. Hubungan Kang Daniel dengan Yook Ji Dam

Kang Daniel merupakan salah satu member yang banyak penggemarnya. Namun para Wannable dibuat kaget saat salah satu rapper wanita, Yook Ji Dam mengatakan bahwa dirinya pernah menjalin hubungan dengan idol kelahiran Busan ini. Yook Ji Dam mengatakan bahwa hubungannya dengan Kang Daniel hanya berlangsung sebentar, dan hubungan itu berakhir sebelum Kang Daniel mengikuti Produce 101 Season 2.

5. Penghargaan yang Diterima

Banyak penghargaan yang berhasil Wanna One dapatkan sejak awal debutnya. Pada acara penghargaan 7Gaon Chart K-Pop Awards yang diselenggarakan pada 14 Februari 2018 ini, pelantun Boomerang itu berhasil membawa pulang 4 penghargaan sekaligus, yaitu Album of the Year, Song of the Year, New Artist of the Year dan Mobile Vote Popularity Award.

Bukan hanya itu, di penghujung tahun ini Wanna One berhasil mendapatkan banyak penghargaan Daesang. Di acara Korea Populer Award 2018, Wanna One berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Artist of the Year. Itu merupakan sedikit dari banyak penghargaan yang mereka terima selama berkarier sebagai Wanna One.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini