nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berlatar Krisis Moneter Asia, Film Default Siap Tayang di Amerika

Hana Futari, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 23:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 14 206 1977750 berlatar-krisis-moneter-asia-film-default-siap-tayang-di-amerika-1d9g0sRbLj.jpg Yoo Ah In dalam film Default. (Foto: Hancinema)

SEOULFilm produksi Korea Selatan, Default, dijadwalkan debut di bioskop Amerika Utara, pada 29 November mendatang. Melansir Broadway World, Rabu (14/11/2018), film tersebut akan diputar di CGV Cinemas Los Angeles dan Buena Park, disusul di seluruh kota di Amerika sehari setelahnya. Sementara di Kanada, Default mulai tayang pada 7 Desember 2018.

Mengusung genre drama, Default memberikan gambaran seputar runtuhnya perekonomian Korea Selatan dan sebagian besar negara Asia pada 1997. Plot cerita yang kuat dan hubungan emosional dengan masa sulit tersebut disebut-sebut sebagai kekuatan utama film ini.

Baca juga: Istri Irjen Pol BS Tahu soal Pernikahan Suaminya dan Sisca Dewi

Kisah Default bermula dari temuan Han Shi Hyeon (Kim Hye Soo), Manajer Kebijakan Moneter di Bank of Korea yang merupakan bank sentral di Negeri Ginseng tersebut. Han memprediksi, Korea Selatan akan diterpa krisis keuangan dahsyat dan melaporkannya kepada atasannya.

Sayang, laporan itu tak ditindaklanjuti dalam pertemuan darurat hingga 10 hari kemudian. Han Shi Hyeon kemudian mendesak sang direktur untuk mengumumkan secara terbuka krisis moneter itu guna memperingatkan publik. Lagi-lagi, permintaannya diabaikan.

Han Shi Hyeon semakin curiga, ketika direktur Bank of Korea dan pembesar keuangan lainnya melakukan pertemuan rahasia. Di lain pihak, Yun Jeong Hak (Yoo Ah In), seorang konsultan keuangan menyadari Korea Selatan membuka keran dana asing yang dipicu penarikan investasi besar-besaran. Hal inilah yang membuat peringkat kredit anjlok.

Yun Jeong Hak kemudian mengundurkan diri dari perusahaan tempatnya bekerja dan memutuskan menghadapi sesuatu yang dinilainya sebagai krisis moneter itu. Secara diam-diam, dia mulai mengumpulkan para investor untuk mengalirkan dana mereka ke Korea Selatan.

Baca juga: Gara-Gara Sisca Dewi, Irjen Pol BS Turun Jabatan dan Dimutasi

Sementara itu, Direktur Pelaksana IMF (Vincent Cassel) datang ke Korea selang 1 minggu sebelum negara itu dinyatakan bangkrut. Masa di mana beberapa orang berusaha keras mencegah krisis, sementara lainnya mencoba mencari keuntungan dari kondisi tersebut. Lainnya, hanya berusaha bertahan dari kebangkrutan.

Film Default disutradarai oleh Choi Kook Hee yang berkolaborasi dengan penulis skenario Eom Seong Min. Proyek ini diproduksi oleh Zip Cinema dan didistribusikan oleh CJ Entertainment.

(SIS)

BERITA FOTO
+ 5

Ketika Artis Korea Selatan dan Korea Utara Berada dalam Satu Panggung

Artis Korea Selatan dan Korea Utara berada satu panggung dalam pertunjukan bersama di di Ryugyong Jong Ju Yong Gymnasium, Pyongyang, Korea Utara, Selasa 3 April 2018. (Yonhap via REUTERS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini