nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Girl Group Ini Sukses Mengubah Sejarah K-Pop

Sasya Semitari P, Jurnalis · Senin 22 Oktober 2018 07:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 10 22 33 1967052 4-girl-group-ini-sukses-mengubah-sejarah-k-pop-hBiQeCXW4V.jpg Twice (Foto: Allkpop)

SEOUL – Banyak yang mengatakan bahwa grup girl K-Pop lebih kuat dalam hal menarik perhatian publik secara umum. Sedangkan, grup boy lebih menarik perhatian fans dan membentuk fandom yang kuat. Popularitas yang diraih grup girl K-Pop sangatlah besar dan hebat. Banyak grup girl yang berhasil menarik perhatian publik dan menjadi grup favorit publik.

Di antara grup girl yang juga sukses menarik perhatian publik, namun ada 4 grup superior yang membuat dan mengubah sejarah untuk industri musik K-Pop. Selama perjalanan karier, mereka berhasil mendapat pencapaian yang luar biasa, dari penghargaan seperti “Artis Pendatang Baru Terbaik,” “Lagu Terbaik,” dan “Daesang” (Grand Prize).

Baca Juga: Menikah 8 Tahun, Rianti Cartwright Beberkan Permasalahan dengan Suami

Melansir Osen, berikut 4 grup girl yang telah mengubah sejarah K-Pop dengan prestasi yang mereka raih.

1. Wonder Girls

Wonder Girls

Wonder Girls sudah sangat bersinar sejak awal karier mereka di tahun 2007. Grup JYP Entertainment yang satu ini debut dengan lagu Irony. Pada tahun yang sama, mereka merilis lagu Tell Me. Tepatnya di bulan September 2007. Dari kesuksesan kedua lagu mereka di tahun 2007, nama Wonder Girls terus melambung dan menarik perhatian publik. Mereka pun mampu mempertahankan gelar artis pendatang baru terbaik dengan memenangkan penghargaan di Mnet Km Music Festival (MKMF).

Grup ini juga kerap mencetak rekor dengan lagu hits yang mereka rilis secara berturut-turut. Lagu So Hot dirilis pada tahun 2008 dan berhasil menduduki peringkat pertama di chart musik daring tahun 2008. Di tahun yang sama, Wonder Girls merilis lagu Nobody dan sukses memenangkan penghargaan “Song of the Year,” yakni penghargaan besar dari ajang MKMF.

Setelah itu, Wonder Girls bertransformasi menjadi sebuah band di mana mereka bernyanyi sambil memainkan alat musik. Imej berbeda dengan yang selama ini telah mereka suguhkan ke publik. Namun, lagu mereka seperti I Feel You dan Why So Lonely saat menjadi sebuah band, sukses menduduki posisi nomor satu di chart musik daring.

2. SNSD

SNSD

SNSD telah memberi pengaruh yang besar bagi industri musik Korea hingga saat ini. Pada Agustus 2007, SNSD resmi debut dengan lagu Into the New World dan menerima penghargaan “Rookie of the Year” dalam ajang Seoul Music Awards. Dengan lagu hits mereka berjudul Gee, Yoona cs memenangkan nomor 1 di chart musik daring pada tahun 2009. Lagu tersebut membuat fenomena tersendiri. Di tahun itu, semua orang di Korea menyanyikan lagu Gee. Bahkan, lagu tersebut masih menjadi salah satu lagu ikonik hingga detik ini dan menjadi salah satu lagu yang sering dinyanyikan ulang oleh junior-junior SNSD.

Grup SM Entertainment yang satu ini juga telah memenangkan banya Daesang (Grand Prize) di ajang penghargaan musik Korea seperti Melon Music Awards dan Seoul Music Awards pada tahun 2009. Hingga saat ini, SNSD memastikan akan terus lanjut berkarier, baik secara individu atau grup sambil menjaga nama SNSD selamanya.

Baca Juga: Movie Review: Padmavaat, Pertumpahan Darah demi Ratu Cantik

3. Miss A

Miss A

Prestasi datang lagi dari grup girl besutan JYP Entertainment. Kali ini, ialah Miss A. Grup ini merupakan salah satu grup yang menerima banyak penghargaan hanya dalam satu tahun mereka berkarier, mulai dari penghargaan Rookie (pendatang baru), posisi pertama di chart, hingga mendapatkan Daesang.

Mereka debut pada tahun 2010 dengan lagu Bad Girl Good Girl dan sukses menarik perhatian besar dari masyarakat. Tahun 2010 juga menandai tahun di mana Suzy cs menerima serangkaian penghargaan, dari “Best Rookie Award,” “Best Female Group,” hingga “Daesang Award.”

Miss A dianggap sebagai salah satu grup girl yang merilis lagu debut paling berpengaruh di antara grup girl lainnya.

4. Twice

Twice

Lagi-lagi datang dari agensi pimpinan Park Jin Young. Twice debut di tahun 2015 dan berhasil menjadi salah satu grup terpanas di era ini. Menyusul kedua senior mereka, Wonder Girls dan Miss A, Nayeon cs juga memenangkan serangkaian penghargaan, seperti memenangkan posisi pertama di chart tahunan, Rookie, dan Daesang.

Dibuka dengan Like OOH-AHH dan disusul dengan hits Cheer Up, Twice sukses menjalankan karier mereka dengan baik dan menjadi salah satu grup girl favorit masyarakat Korea, bahkan fans internasional.

Twice secara berturut-turut memperoleh penghargaan Rookie di tahun 2015 dan 2016. Dengan lagu Cheer Up dan TT, Jihyo cs meraih penghargaan Daesang di acara penghargaan musik pada tahun 2016. Khususnya, lagu Cheer Up yang menduduki peringkat pertama di chart musik tahunan.

1
2
BERITA FOTO
+ 4

Penampilan Boy Republik dan Wonder Girl di K-Pop Festival

Grup Vokal K-pop "Wonder Girl" beraksi pada acara K-pop Festival di Seoul, Korea Selatan, Kamis (8/9/2016). Grup vokal tersebut pernah tampil di Balai Kartini, Jakarta pada 20 Juni 2010.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini