nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duo asal Kazakhstan Dituding Jiplak Lagu Island Milik WINNER

Sasya Semitari P, Jurnalis · Jum'at 19 Oktober 2018 12:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 10 19 205 1966159 duo-asal-kazakhstan-dituding-jiplak-lagu-island-milik-winner-tIumJpAS7V.jpg WINNER. (Foto: Koreaboo)

SEOUL – Inner Circle (fans WINNER) berang terkait dugaan penjiplakan karya yang dilakukan duo asal Kazakhstan, Melart. Hal itu bermula ketika salah satu personel Melart, Beksuinov Ormanbek mengunggah lagu berjudul Sweet Girl melalui akun Instagram pribadinya, pada 17 Oktober 2018.

Inner Circle kemudian menyadari bahwa lagu tersebut sangat mirip dengan single Island milik WINNER yang dirilis pada 4 Agustus 2017. Bahkan, saking miripnya, beberapa fans mengira Melart tengah mengcover lagu grup besutan YG Entertainment tersebut.

Baca juga: Chapter 921 One Piece Hadirkan Pertarungan Baru Tim Topi Jerami

Jangan lakukan hal bodoh seperti ini. Beat lagu ini benar-benar seperti lagu Island milik WINNER. Kalian (Melart) bahkan tidak menyunting sedikitpun dan mengakui beat itu sebagai milik kalian. Itu perbuatan buruk, hentikan! YG harus mengetahui hal ini,” tulis @itsmekideung.

Ketika permasalahan itu viral, personel Melart tersebut kemudian menghapus unggahannya. Namun seorang fans menyebut, tindakan Melart menghapus unggahan tersebut tanpa memberikan penjelasan tidaklah menyelesaikan masalah.

"Dengan menghapus unggahan itu, berarti kau MENGAKUI telah melakukan penjiplakan. Well dude, kalian tahu kan WINNER itu tak hanya populer di Korea? Jadi, aku rasa kalian harus berdoa agar lepas dari (amarah) fans dan tuntutan hukum. Ingatlah, kami tak akan tinggal diam," tulis @maisyaandr.



"Bila didengar, Sweet Girl milik Melart memang memiliki intro, melodi, serta nada yang identik dengan lagu WINNER yang diambil dari album ‘Twenty For’. “Mereka benar-benar menggunakan instrumental Island milik WINNER. Bisakah seseorang menjelaskan kepada kami tentang caption yang dituliskan (oleh @beksuinov.ormanbek)? Apakah mereka mencari keuntungan dari lagu ini? Atau hanya sekadar mengcover?” ujar pemilik akun @SecretGarden2BW.

“Wow, mereka benar-benar mengambil musiknya langsung dari lagu WINNER. Haruskah kami bangga karena banyak orang berusaha menjiplak lagu WINNER, yang artinya karya mereka benar-benar bagus?” tulis @SKYrenic. Hal ini bukan kali pertama terjadi pada WINNER. Bahkan, bukan kali pertama pula terjadi pada lagu Island. Pada Mei silam, lagu milik Jinwoo cs itu pernah pula dijiplak oleh rapper asal Amerika 6IX9INE, dalam lagu berjudul Nobody.

Baca juga: Pasang Video iKON di Konser Winner, YG Entertainment Minta Maaf

Saat itu, permasalahan tersebut juga pertama kali diketahui oleh penggemar dan menjadi perbincangan di antara mereka. Ternyata, hal itu sampai ke telingga YG Entertainment selaku agensi yang menaungi WINNER, dan memblokir video klip Nobody dari YouTube.

Namun dalam kasus kedua ini, YG Entertainment ataupun pihak Melart masih belum memberikan tanggapan dan klarifikasi mereka.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini