Share

Terungkap Lagi, Sosok Dibalik Cuitan Ujaran Kebencian Ahmad Dhani

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 17 September 2018 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 17 33 1951690 terungkap-lagi-sosok-dibalik-cuitan-ujaran-kebencian-ahmad-dhani-wwQmLTNMVB.jpg Ahmad Dhani (Foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Sosok dibalik cuitan ujaran kebencian Ahmad Dhani di media sosial kembali terungkap dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018).

Dia adalah Fachrul Fauzi Putra, saksi yang dihadirkan Dhani untuk dimintai keterangan.

Dalam sidang, Fachrul terang-terangan mengakui bahwa satu dari tiga cuitan Ahmad Dhani di Twitter yang dipolisikan adalah buah pemikirannya.

 

Kata Fachrul lagi, cuitan di Twitter Dhani yang menyinggung Ahok sebagai penista agama bersumber dari inisiatif sendiri.

- Baca Juga: Hadir Sidang, Ahmad Dhani dan Mulan Jameela Duduk Berjauhan

"Aku yakin yang aku pikirkan sama kayak pemikiran Mas Dhani," ujar saksi Fachrul.

Dalam lanjutan keterangannya, Fachrul Fauzi Putra turut mengatakan bahwa tulisan itu dia kirim ke pemegang akun Twitter Ahmad Dhani, Bimo.

Kejadian itu berlangsung saat Fachrul mendampingi kegiatan kampanye Dhani di Cikarang Barat, Bekasi pada 2017.

"Mas Bimo tahu, kalau Mas Dhani lagi di Bekasi, akun Twitter ada di aku," tuturnya.

Terkait pengakuan Fachrul Fauzi Putra, Ahmad Dhani dalam tanggapannya membenarkan. Dia hanya sedikit mengkoreksi ucapan Fachrul perihal keberadaan gadget yang dipakai untuk mempos

"Sebenarnya Bimo juga enggak tahu. Dia (Fachrul) juga enggak selalu pegang hp saya. Pas saya sosialisasi baru saya titipkan ke dia," kata suami Mulan Jameela.

Diberitakan dari hasil peliputan Okezone sebelumnya, Ahmad Dhani terseret kasus ujaran kebencian usai tiga cuitannya di akun Twitter dipolisikan pada 2017.

 

Kala itu, Dhani dilaporkan Jack Boyd Lapian atas tuduhan pelanggaran Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Dia dikenakan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) dan ditetapkan sebagai tersangka pada November 2017.

Ahmad Dhani sendiri sudah membenarkan bahwa dia memang dalang dibalik cuitan tersebut. Namun, Dhani hanya mengakui satu tulisan yang bersumber dari buah pemikirannya.

"Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya," demikian bunyi tulisan yang dibuat Dhani lewat pemegang akun Twitter-nya.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini