Share

Wanna One Raih Sertifikat Double Platinum dari Gaon Chart

Sasya Semitari P, Okezone · Kamis 09 Agustus 2018 16:58 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 09 205 1934193 wanna-one-raih-sertifikat-double-platinum-dari-gaon-chart-LKG3ZjIAAp.jpg Wanna One. (Foto: MNet)

SEOUL – Gaon Chart, tangga musik berbasis daring dan real time kembali merilis daftar album dan lagu terbaik pada Kamis (9/8/2018). Dari daftar tersebut, boy band asuhan YMC Entertainment, Wanna One, kembali membawa pulang dua sertifikat Platinum untuk penjualan album fisik mereka, ‘1÷χ=1 (UNDIVIDED)’.

Double Platinum didapatkan Wanna One karena menjual lebih dari 500.000 kopi album ‘1÷χ=1 (UNDIVIDED)’. Dengan begitu, sejauh ini Kang Daniel cs berhasil mengumpulkan lima Platinum untuk dua album mereka. Sebanyak tiga Platinum didapatkan dari album ‘0+1=1 (I PROMISE YOU)’, sementara sisanya dari album terbaru mereka.

Baca juga: Marvel Masih Nego Sutradara Baru, Warner Bros Picture Siap Tarik James Gunn

Selain Wanna One, BTS, TWICE, EXO-CBX, NCT 2018, dan GOT7 juga masuk dalam daftar penerima sertifikat Platinum dan Million. Namun sejauh ini, baru BTS yang mendapatkan sertifikat Million lewat penjualan album ‘LOVE YOURSELF: Tear’.

Di kategori Streaming, girl band MOMOLAND sukses memberikan kejutan lewat lagu Bboom Bboom. Lagu yang terdaftar dalam album ‘GREAT!’ itu sukses meraih Platinum karena membukukan lebih dari 100 juta stream, pada Kamis (9/8/18).

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2018 Asosiasi Industri Konten Musik Korea (KMCIA) menerapkan sistem baru untuk penjualan album fisik dan digital. Sertifikasi yag diberikan Gaon Chart terbagi atas tiga kategori: Album, Unduhan, dan Streaming.

Baca juga: Dipolisikan Tessa Mariska, Elly Sugigi Siap Diperiksa

Sertifikat Platinum diberikan apabila penjualan album fisik seorang musisi meraih 250.000 kopi. Sementara sertifikat Million untuk penjualan 1 juta kopi album fisik. Untuk kategori Unduhan, sertifikat Platinum akan diberikan apabila lagu diunduh sebanyak 2,5 juta kali.

Sementara sertifikat Million mencapai 10 juta unduhan. Sedangkan kategori streaming mencakup 100 juta untuk Platinum dan 1 miliar untuk Million.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini