nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahmad Dhani Sebut Saksi Ahli Jaksa Untungkan Posisinya

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 16 Juli 2018 18:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 07 16 33 1923079 ahmad-dhani-sebut-saksi-ahli-jaksa-untungkan-posisinya-XroeImG3BY.jpg Foto: Adiyoga/Okezone

JAKARTA - Sidang lanjutan kasus ujaran kebencian yang menyeret Ahmad Dhani baru saja digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/7/2018). Saksi ahli Setyo Kuntoro, ahli Bahasa Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia sudah dimintai keterangan dalam sidang.

Menanggapi hasil sidang, pihak Dhani justru merasa ahli yang didatangkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) justru meringankan kedudukan mereka. Hal tersebut diutarakan Hendarsam Marantoko selaku kuasa hukum Dhani usai sidang.

"Seyogyanya, ahli bahasa yang dihadirkan JPU itu tujuannya lebih untuk memberatkan mas Dhani. Tapi pada faktanya, ahli itu, keterangan yang disampaikan malah meringankan mas Dhani," kata Hendarsam.

(Baca juga: Admin Twitter Ahmad Dhani Akui Posting Ujaran Kebencian Sesuai Perintah)

Dalam kesempatan yang sama, Hendarsam turut menjelaskan poin-poin yang mereka anggap meringankan posisi Dhani. Salah satunya keterangan Setyo yang menilai tidak ada unsur provokasi dalam cuitan Dhani.

"Satu, tentang masalah cuitan yang mengandung unsur provokasi, yang akhirnya menimbulkan kebencian. Berdasarkan penilaian ahli, tidak ada unsur provokasi yang menimbulkan kebencian," jelas dia.

(Baca juga: Mulan Jameela Kerap Dihujat Netizen, Ahmad Dhani: Ya Itu Nasib Punya Suami Keren)

Selain itu, Hendarsam juga mempertanyakan keahlian Setyo untuk bersaksi di persidangan. Selaku ahli Bahasa Indonesia, Setyo memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Inggris. Hal inilah yang membuat Hendarsam ragu akan keahlian Setyo.

"Kedua, dari sisi keahlian mungkin kami agak meragukan, karena basic-nya bukan Bahasa Indonesia. Sedangkan kaidah dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia ini berbeda," tuturnya lagi.

Hal serupa juga dikatakan Ahmad Dhani dalam menanggapi hasil sidang. Menurutnya, ahli yang didatangkan JPU seolah memberikan keterangan tanpa dasar selama bersaksi.

"Misalnya kalau ada seorang ustaz bicara, pakai dalil, itu menurut Imam Syafi'i misalnya, bahwa mencari ulama yang benar itu ulama yang membenci kafir dan penguasa. Itu kalau kata Imam Syafi'i. Nah, kalau ini (ahli) enggak ada rujukannya, gimana?," ujar pentolan Dewa 19.

Sidang keterangan saksi ahli dari JPU sendiri masih akan digelar lagi. Mereka bakal menghadirkan empat ahli lagi untuk memberikan keterangan terkait unsur ujaran kebencian dalam cuitan Ahmad Dhani.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini