nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Lakon 'Pengganti', 6 Aktor Korea Ini Malah Tuai Popularitas

Asa Pratiwi, Jurnalis · Senin 23 April 2018 19:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 23 206 1890393 jadi-lakon-pengganti-6-aktor-korea-ini-malah-tuai-popularitas-dqbqCRDaK6.jpg Lee Min Ho. (Foto: One TV Asia)

SEOUL – Para aktor memang harus jeli dalam memilih sebuah peran yang akan mereka lakonkan. Pasalnya, hal itu akan sangat berdampak pada karier mereka di masa depan. Mereka kerap menolak sebuah tawaran apabila memang dinilai tak sesuai dengan jadwal kerja, karakter, hingga hitung-hitungan bayaran sang aktor.

Namun tak ada yang menyangka, ketika seorang pelakon menolak tawaran sebuah proyek, drama itu malah booming di tangan aktor lainnya. Hal serupa juga terjadi pada deretan aktor Korea berikut ini:

Lee Min Ho-Boys Over Flower

Drama besutan almarhum Jeon Ki Sang ini merupakan salah satu drama yang berpengaruh besar dalam menyebarkan pengaruh K-Wave di tingkat internasional. Di Korea Selatan, Boys Over Flower bahkan sukses meraih rating hingga 32,9 persen. Ia juga menjadi batu loncatan yang manis bagi Lee Min Ho, sang pelakon utama drama tersebut.

Namun tahukah Anda, bahwa dahulu peran Goo Jun Pyo yang dimainkan Lee Min Ho itu awalnya ditawarkan kepada bintang You’re Beautiful Jang Geun Seuk? Sayang, Jang menepis tawaran itu dan lebih memilih bermain dalam Beethoven Virus.

Pilihan Jang memang tak salah. Sebelum Boys Over Flower rilis, drama 18 episode yang diperankan Jang itu juga meraih popularitas pada 2008. Proyek itu bahkan mengantarkan lelaki 30 tahun tersebut meraih trofi Best New Actor dalam MBC Drama Awards 2008.

Shin Min Ah-My Girlfriend is Gumiho

Jun Ji Hyun, aktris cantik yang meraih popularitas lewat film My Sassy Girl ini rupanya juga pernah menolak tawaran untuk bermain dalam My Girlfriend is Gumiho yang tayang pada 2010. Kala itu, Jun yang fokus bermain di layar lebar merasa belum waktunya untuk comeback ke layar kaca.  

Pada akhirnya peran Gu Mi Ho dalam drama itu jatuh ke tangan Shin Min Ah yang berpasangan dengan aktor Lee Seung Gi. Namun tak disangka, drama yang tayang sepanjang 11 Agustus-30 September 2010 tersebut mampu mengoleksi rating hingga 21,3 persen.

Drama itu juga mengantarkan kekasih Kim Woo Bin tersebut memboyong trofi Excellence Award Actress in a Drama Special dari SBS Drama Awards 2010. Sementara Jung Ji Hyun baru comeback ke layar kaca 3 tahun kemudian, lewat My Love from the Star yang kala itu juga berating fantastis, sebesar 28,1 persen.

Kim Woo Bin-The Heirs

Karakter Choi Young Do yang tengil dan arogan dalam The Heirs sebelumnya sempat ditawarkan kepada salah satu member CNBLUE, Jung Yong Hwa. Namun dia menolaknya dan lebih memilih membintangi Marry Him If You Dare.

Dalam wawancara dengan Radio Stars pada 2013, Jung mengungkapkan alasannya menolak peran tersebut. “Banyak yang bilang lakon Choi Young Do menarik. Tapi saat itu, aku ingin menjajal peran lain yang lebih dari sekadar lakon anak SMA,” katanya.

Selain itu, imbuh Jung, dia tak berencana beradu akting kembali dengan Park Shin Hye dalam waktu dekat. Pasalnya, keduanya sudah dua kali berkolaborasi dalam sebuah proyek drama: You’re Beautiful (2009) dan Heartstrings (2011).  

Pada akhirnya, Kim Woo Bin mengambil alih peran Choi Young Do, yang dinilai publik sukses menampilkan sosok seorang bad guy, sekaligus melambungkan ratingnya hingga mencapai 25,6 persen.

Lee Jong Suk-Pinnochio

Walaupun sempat beruntung karena berhasil memerankan Choi Young Do dalam The Heirs, nyatanya Kim Woo Bin juga sempat menolak lakon Choi Dal Po dalam Pinnochio (2014).

Kala itu, kekasih Shin Min Ah itu memilih fokus menjalani syuting The Con Artist yang dibintanginya bersama Lee Hyun Woo dan Ko Chang Seok. Meski menolak, toh karakter Choi Dal Po itu akhirnya jatuh ke tangan sang sahabat, Lee Jong Suk.

Berkat akting mumpuni Lee dan chemistry apiknya dengan Park Shin Hye, Pinnochio sukses mendulang rating sebesar 13,3 persen. Sementara film The Con Artist yang diperankan Kim sukses masuk box office dengan pendapatan mencapai USD18,02 juta. 

Tak hanya itu, film yang rilis di Korea Selatan pada 24 Desember 2014 tersebut juga ditayangkan serentak pada 9 Januari 2015 di Taiwan, China, Hong Kong, Singapura, Vietnam, Iran, dan Filipina.

Song Joong Ki-Descendent of The Sun

Gong Yoo dikenal sebagai salah satu aktor yang kerap menolak proyek drama. Salah satu drama yang pernah ditolaknya adalah Descendant of the Sun, karya penulis skenario Kim Eun Suk yang dirilis pada 2016.

Kala itu, bintang Train to Busan tersebut ditawari untuk memerankan karakter Yoo Shi Jin, yang akhirnya jatuh ke Song Joong Ki. Beruntung bagi Jong Ki, proyek itu akhirnya mempertemukannya dengan sang istri, Song Hye Kyo. Tak hanya itu, drama itu pun sukses melambungkan nama Song Jong Ki sebagai aktor terlaris di Korea Selatan.

Sempat ditolak, Kim Eun Seok akhirnya sukses menggaet Gong Yoo untuk berperan sebagai Kim Shin dalam drama populer, Goblin, yang rilis pada akhir 2016. Sukses itu menyusul Train to Busan yang juga sukses meraih 11.566.862 penonton di box office Korea.

Shin Hye Sun-My Golden Life

My Golden Life adalah drama Korea bergenre keluarga tersukses sepanjang 2017-2018, dengan rating tertinggi mencapai 45,1 persen. Namun siapa yang menyangka, karakter Seo Ji An yang diperankan Shin Hye Sun sebelumnya ditawarkan kepada aktris dan penyanyi Uee.

Namun mantan personel After School itu menepisnya dan memilih membintangi Manhole bersama Kim Jae Joong. Sayang, drama pilihan Uee itu kurang medapat respons positif penonton karena hanya mampu mengumpulkan rating tertinggi sebesar 3,1 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini