nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanpa Ditahan, Riza Shahab Dihukum Rehabilitasi Rawat Jalan

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Senin 16 April 2018 15:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 16 33 1887284 tanpa-ditahan-riza-shahab-dihukum-rehabilitasi-rawat-jalan-KAGKwMKWrz.jpg Riza Shahab (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya mengumumkan hasil asesmen yang dilakukan Badan Narkotika Provinsi (BNP) DKI Jakarta terhadap Riza Shahab beserta lima tersangka lain. Menurut keterangan Kombes Pol Prabowo Argoyuwono selaku Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Riza hanya dikenakan rehabilitasi rawat jalan karena tidak kedapatan membawa narkotika saat ditangkap.

"Sesuai apa yang disampaikan kemarin, bahwa dari keenam tersangka ini, RS dan kawan-kawan, sudah dilakukan asesmen di BNP DKI. Jadi secara resmi sudah keluar hasilnya. Intinya yang bersangkutan ini adalah rehabilitasi rawat jalan selama delapan kali terhitung tanggal 16 April sampai 16 Mei," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (16/4/2018).

Baca Juga: Saat Tertangkap Riza Shahab Masih dalam Pengaruh Narkoba

Dengan dikeluarkannya surat resmi dari BNP DKI Jakarta, Riza Shahab dipastikan tidak ditahan per hari ini. Namun Riza diwajibkan menjalani rehabilitasi rawat jalan karena positif mengkonsumsi sabu.

"Alasannya dari tim kami dokter yang sudah periksa termasuk saya sendiri, hasil dari asesmen terbukti mereka penyalahguna sabu. Jadi disimpulkan mereka membutuhkan rehabilitasi rawat jalan," kata Dokter Wahyu selaku perwakilan tim asesmen dari BNP DKI.



Per hari ini, Riza Shahab sudah menjalani satu kali program rehabilitasi. Oleh karenanya, Riza sudah diperbolehkan kembali ke rumah namun tetap dalam pengawasan polisi.

"Ini sah surat dari BNP DKI sudah keluar dan kita harus mentaati. Jadi hari ini yang bersangkutan bisa kembali karena hari ini sudah sekali perawatan jalan," tutur Argo lagi.

Baca Juga: Tersandung Kasus Narkoba, Riza Shahab Akan Jalani Rehabilitasi

Riza Shahab tertangkap narkoba di Apartemen Wave, Kuningan, Jakarta Selatan pada 13 April 2018. Bersamaan dengan penangkapan Riza, polisi turut mengamankan lima nama lain di lokasi kejadian. Sayang dari hasil penangkapan, polisi tidak menemukan barang bukti narkotika. Hanya terdapat satu korek api dan satu bong sisa pakai.

Atas perbuatannya, Riza Shahab dikenakan Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini