Mahkamah Agung Tolak Gugatan Tao Atas SM Entertainment

Adinda Mega Jahro, Jurnalis · Selasa 20 Maret 2018 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 20 33 1875416 mahkamah-agung-tolak-gugatan-tao-atas-sm-entertainment-SMGoE5ovjN.jpg Huang Zi Tao. (Foto: Soompi)

SEOUL – Perseteruan S.M Entertainment dan Tao selama 3 tahun terakhir akhirnya mencapai keputusan final. Pada Selasa (20/3/2018), S.M mengumumkan, bahwa Mahkamah Agung menolak banding Tao atas gugatan pembatalan kontrak eksklusifnya bersama agensi tersebut.

Keputusan itu, menurut S.M Entertainment ditetapkan pada 15 Maret 2018. β€œDengan begitu kontrak ekskusif S.M dan Tao masih berlaku dan harus dijalankan,” ungkap agensi bentukan Lee Soo Man itu dalam siaran persnya seperti dilansir dari Yonhap News.

Baca juga: Tao Eks-EXO Ngaku Pernah Tak Siap Debut di Usia Muda

Pemilik nama asli Huang Zi Tao itu diketahui mengajukan gugatannya atas S.M Entertainment, pada 24 Agustus 2015. Kala itu, dia bersama dua rekannya di EXO: Kris dan Luhan, meninggalkan S.M Entertainment tanpa izin.

Tao yang sering mengalami cedera sejak masa debutnya bersama EXO memang telah diprediksi akan meninggalkan agensi itu. Fans mengklaim, S.M Entertainment tak mengurusi artisnya dengan baik.

Pada 22 April 2015, melalui Weibo, ayah Tao mengunggah sebuah surat di Weibo. Dia berharap, Tao mau meninggalkan EXO karena tak adanya keberpihakan agensi itu selama masa pemulihan Tao. Sang ayah menyakini, meninggalkan EXO merupakan keputusan terbaik untuk Tao.

Saat mengajukan tuntuntan ke pengadilan, Tao mengklaim, kontrak selama satu dekade yang ditandatanganinya bersama S.M Entertainment tidak adil. Dia juga mengklaim, tak memiliki kebebasan untuk memilih pekerjaan yang diinginkannya.

Namun pada persidangan perdana dan banding yang digelar pada April dan Oktober 2017, Tao dinyatakan kalah. Pengadilan Tinggi Seoul mengungkapkan, periode kontrak keduanya tak cukup lama untuk S.M melanggar hak-hak dasar Tao sebagai seorang artis.

Selain itu, agensi tersebut dinilai telah menjalankan standar hukum yang berlaku di Korea saat kontrak disepakati. Dalam keterangannya, S.M menegaskan, menyambut baik keputusan pengadilan tersebut. Agensi itu berjanji untuk memberikan yang terbaik untuk memenuhi kontrak tersebut.

β€œS.M Entertainment akan terus mengusahakan bagaimana agar afiliasi kami di China dan negara lainnya tidak dirugikan. Kami akan terus mengembangkan industri hiburan yang sehat baik di Korea maupun China.”

Baca juga: Kolaborasi Tao Eks-EXO dan Wiz Khalifa Bikin Fans Kaget

Sejak Juni 2014, S.M diketahui menjalani tuntutan hukum di Korea Selatan dan China melawan tiga personel EXO tersebut. Namun Kris dan Luhan akhirnya berdamai dengan S.M pada 2016.

Meski kalah di Korea, Tao memenangkan gugatannya atas S.M Entertainment di pengadilan China. Namun kemenangan Tao itu bukan tentang kontrak eksklusifnya dengan S.M Entertainment, melainkan perilisan hak cipta albumnya.

(SIS)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini