nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SM Entertainment Akuisisi FNC dan KeyEast Entertainment

Lidya Hidayati, Jurnalis · Rabu 14 Maret 2018 12:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 14 33 1872533 sm-entertainment-akuisisi-fnc-dan-keyeast-entertainment-3rF2ubvpZV.jpg SM Entertainment beli saham FNC Add Culture & KeyEast Entertainment (Foto: Soompi)

SEOUL – SM Entertainment terus melebarkan pengaruh mereka di industri entertainment Korea Selatan. Tak cukup dengan status big three, SM Entertainment menguatkan posisinya dengan mengakuisisi dua perusahaan lain, KeyEast Entertainment dan FNC Add Culture.

Baca Juga: SM Bantah akan Orbitkan Boyband dengan 24 Personel

KeyEast Entertainment merupakan salah satu agensi terbesar Korea yang dikenal selalu mencetak aktor dan aktris besar. Sedangkan FNC Add Culture merupakan anak perusahaan FNC Entertainment, agensi CNBLUE dan FT Island.

Dilansir Soompi, Rabu (14/3/2018), SM Entertainment kini menjadi pemegang saham terbesar di KeyEast Entertainment dan FNC Add Culture. KOSDAQ (Korean Securities Dealers Automated Quotations) mengumumkan proses akuisisi SM Entertainment kepada dua perusahaan besar itu.

SM Entertainment kini ternyatat memegang 19.545.071 saham atau 25,12 persen saham KeyEast Entertainment. Sebagai gantinya, Bae Yong Joon sebagai pemilik KeyEast kini juga memegang saham terbesar SM Entertainment.

Menurut sumber, Bae Yong Joon kini berperan sebagai penasehat marketing untuk SM Group sekaligus penasehat strategi global untuk KeyEast Entertainment.

Di sisi lain, SM Entertainment juga memegang 13.483.865 (30.51 persen) saham FNC Add Culture. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari FNC Entertainment yang hanya memiliki 8.100.000 atau 18 persen saham FNC Add Culture.

SM Entertainment akan berusaha membantu FNC Add Culture untuk mengembangkan bisnis mereka. Tak hanya dalam bidang produksi drama atau siaran, SM akan membantu FNC menjajal lahan baru seperti makanan hingga fashion.

Dengan akuisisi ini, SM Entertainment diprediksi akan semakin tak terhentikan dalam menguasai industri hiburan Korea Selatan. Kini mereka bisa memasangkan artis-artis jebolannya dengan selebriti KeyEast Entertainment atau FNC Add Culture.

Baca Juga: Artis-artis SM Entertainment Borong Penghargaan iQiyi

Sebagai contoh, SM Entertainment bisa memakai Yoo Jae Suk yang berada di bawah naungan FNC untuk memandu acara variety show mereka. SM Entertainment juga bisa menyandingkan idol-aktor mereka di drama atau film yang dibintangi oleh megastar Kim Soo Hyun yang merupakan aktor KeyEast Entertainment.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini