Alami Gangguan Penyakit, Waldjinah Harus Terbaring Sembilan Bulan di Tempat Tidur

Revi C. Rantung, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 20:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 13 33 1872287 alami-gangguan-penyakit-waldjinah-harus-terbaring-sembilan-bulan-di-tempat-tidur-1LAZticQYt.jpg Waldjinah (Foto: Revi/Okezone)

JAKARTA - Apa kabar Waldjinah? Lama tak menampakkan diri, rupanya Waldjinah membawa kabar tak sedap. Ya salah satu penyanyi kroncong asal Solo, Jawa Tengah ini harus terbaring sakit sejak 2013, bahkan penyanyi 72 tahun ini sempat tak bisa beranjak dari tempat tidur selama sembilan bulan.

Dari penuturan sang anak yang bernama Ari Waldjinah, mengungkap bahwa kala itu asupan makanannya hanyalah air dan susu.

"Hampir 9 bulan ndak turun dari tempat tidur, dan kalau dahar asupannya itu cuma sedikit. Cuma air sama susu," kata Ari Waldjinah saat menghadiri acara peluncuran Keyboard Yamaha di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan pada Selasa (13/3/2018).

Baca Juga: Faktor Kesehatan, Waldjinah Sempat Menolak Rekaman Lagi

Kendati demikian beberapa bulan terakhir kondisi kesehatan Waldjinah mulai membaik. Seperti diketahui saat ditemui saat peluncuran produk alat musik, Waldjinah pun tampak menggunakan kursi roda.

"Iya baru satu tahun ini, setelah ada seorang terapis di daerah rela membantu akhirnya ibu bisa dahar lagi. Dulu kurus banget," sambungnya.

Lebih lanjut sang anak pun menjelaskan terkait penyakit yang diidap oleh sang ibunda. Dijelaskannya bahwa Waldjinah mengalami gangguan pencernaan diakibatkan oleh kebaya yang kerap kali digunakan.

"Ada sedikit gangguan di pencernaannya, karena mungkin ibu kan sering berkebaya. Ibu sering pakai Stagen, kan waktu dulu stagennya rapet. Nah dulu kelamaan pakai itu kan makan saja sudah tidak kerso sudah tidak mau, karena sudah (rapih mengenakan) kebayaan," katanya.

Tak hanya itu, sang anak kembali melanjutkan, "Apalagi kalau wayangan kan dari jam 8 malam sudah naik panggung. Nanti jam tiga, jam empat baru turun. Mungkin ada sedikit, apa ya di ususnya agak saling bergesekan sehingga menimbulkan luka," imbuhnya.

Baca Juga: Tembang Legendaris Waljinah dan Ribuan Lagu Lawas Indonesia Siap Mendunia

Lantas pasca sakit, kegiatan apa yang kini dilakoni oleh penyanyi tradisional itu?

"Ya kalau sanggarnya tetap. Kalau mau latihan ya latihan, kalau ibu mau kemana ya naik kursi roda," tutupnya.

Sebagai informasi, Waldjinah merupakan penyanyi kroncong Jawa yang dikenal dengan julukan 'Ratu Keroncong'. Ia pun mengawali karier penyanyi sejak menjadi juara pada kontes yang bertajuk ‘Ratu Kembang Katjang’ pada tahun 1958. 

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini