Image

Al Gore Ungkap Pentingnya Menjaga Lingkungan lewat An Inconvenient Truth

Edi Hidayat, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 16:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 14 206 1814167 al-gore-ungkap-pentingnya-menjaga-lingkungan-lewat-an-inconvenient-truth-BO245vMkFC.jpg Poster Film An Inconvenient Truth (Foto: Documentary Lovers)

JAKARTA - Dunia telah mengalami perubahan iklim yang cukup ekstrem. Untuk mengetahui kondisinya, Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat, Al Gore, menunjukkan dampaknya lewat film yang menyentuh.

Baca Juga: Resmi Rilis, Film Baru Al Gore Bawa Misi Atasi Perubahan Iklim Global

Al Gore memilih film sebagai salah satu media komunikasi agar masyarakat paham dengan dampak perubahan iklim. Adapun film yang sudah diluncurkan ialah An Inconvenient Truth diproduksi tahun 2007 dan "The Inconvenient Sequel: Truth to Power" yang diluncurkan tahun 2017.

Menurut Al Gore, masyarakat dunia harus sadar dengan terjadinya perubahan iklim dan kebutuhan untuk melakukan tindakan. Apalagi perubahan iklim menjadi tantangan utama yang dihadapi masyarakat.

Di samping film, Al Gore juga menginspirasi anak muda agar peduli dengan lingkungan dan bahaya dari perubahan iklim. Dia menjadi pembicara dalam Conference of the Parties (COP) di Bonn, Jerman.

Film An Inconvenient Truth Al Gore mencoba meningkatkan kesadaran masyarakat dunia mengenai adanya perubahan iklim dan kebutuhan untuk melakukan tindakan. Sedangkan pada film The Inconvenient Sequel; Truth to Power, Al Gore membawa harapan baru bahwa kemajuan teknologi dapat menjadi solusi untuk menjawab tantangan dalam pengendalian perubahan iklim.

Film kedua ini, kini tengah gencar diputar di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Pemerintah pun mengapresiasi film ini yang sangat mendidik.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nur Masripatin mengatakan, Indonesia berkomitmen terhadap pengendalian perubahan iklim.

"Salah satu cara yang efektif adalah melalui kegiatan penyadaran masyarakat lewat film ini," ujar Nur lewat keterangan pers, Selasa (14/11/2017).

Baca Juga: Pulih dari Cedera Pergelangan Kaki, Tom Cruise Kembali Jalani Syuting Mission: Impossible 6

Manajer The Climate Reality Project Indonesia Amanda Katili Niode menambahkan, dengan diputarnya film ini  bisa mendorong masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitar. Bagaimana caranya supaya masyarakat bisa mengendalikan perubahan iklim.

"Film ini sangat menginspirasi masyarakat supaya tetap menjaga lingkungan dan kendalikan perubahan iklim yang semakin ekstrem," pungkas Amanda.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini