Berawal dari Iseng, Ridho 'Slank' Tekuni Bidang Fotografi

Revi C. Rantung, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 03:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 28 33 1784419 berawal-dari-iseng-ridho-slank-tekuni-bidang-fotografi-1T3nYrZcuE.jpg Ridho Slank (Foto: Revi/Okezone)

JAKARTA - Mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai sisi lain dari seorang Mohammad Ridho Hafiedz atau lebih dikenal dengan Ridho 'Slank'. Selain jago dalam instrument musik berjenis gitar, Ridho pun diketahui piawai dalam bidang fotografi.

Hal itu diketahui setelah Ridho tengah terlibat langsung dalam proses pembuatan buku terbaru dari penyanyi cantik Yuni Shara. Dalam buku tersebut, gitaris dari Slank ini membantu Yuni Shara dalam hal potret memotret.

Gitaris 44 tahun itu sedikit berbagi cerita, bahwa keahliannya dalam memotret berawal dari sebuah keisengan semata. Hal itu pun terjadi pada 2009 lalu saat dirinya tak bisa ikut bersama kawan-kawannya untuk bertolak ke Negeri Paman Sam akibat nama depannya.

Alhasil, ia  memutuskan untuk menyambangi sebuah toko kamera. Nah dari sinilah Ridho mencoba membeli sebuah kamera dan mulai untuk mengabadikan momen anak-anaknya.

"Pertama kali gue belajar foto tahun 2009 di saat temen-teman gue bisa berangkat ke Amerika, dan gue enggak bisa, karena ada kendala visa masalah nama gue ada Muhammad-nya di depan. Saat itu zamannya George Bush (Presiden AS) enggak bisa masuk di Amerika, walaupun gue pernah kuliah di sana. Kendalanya saat itu dalam waktu singkat gue mesti ngapain," cerita Ridho Hafiedz saat dijumpai di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

"Tiba-tiba iseng ke toko kamera, gue beli kamera dan saat itu gue mulai fotoin anak-anak gue," sambungnya.

- Baca Juga: Batalkan Konser di Brazil hingga Tur Eropa, Lady Gaga: Aku Akan Istirahat dan Tak Tahu Seberapa Lama

Semenjak itu, Ridho pun mempelajari bagaimana cara mengoperasikan kamera dengan baik. Kendati demikian, dengan ketekunannya dalam bidang fotografi itu, justru membawa angin segar darinya. Ridho pun mengaku adanya tawaran-tawaran foto preweding hingga produk untuk memakai jasanya.

Ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh Ridho, mengingat kala itu projek manggungnya dengan band Slank terbilang agak sedikit seret.   

"(Dari situ) belajar apa itu diafragma apa itu speed. Akhirnya mendalami semuanya untuk belajar fotografi. Ditambah lagi Slank ada sekitar 1 atau 2 tahun dicekal buat manggung. Selain coaching clinic, gue dapet kerjaan untuk foto prewed, foto produk, foto model foto buat majalah. Alhasil ada rezeki dari situ," tandasnya.

- Baca Juga: Mengejutkan! Lady Gaga Tunda Tur Eropa karena Penyakit Fibromyalgia

Kendati demikian, gitaris kelahiran Ambon, 3 September 1973 ini sedikit menambahkan akan ketertarikannya dalam sebuah foto yang berbau candid hingga human interest. Tapi dirinya juga tak menampik ketertarikan lain dalam percobaan sebuah foto didalam air

"Gue lebih suka foto candid, terus human interest terus apa ya landscape, black and white, underwater gue juga suka," tandasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini