nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wayang Jadi Cara Marcella Zalianty Tanamkan Rasa Cinta Indonesia kepada Anak

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Kamis 17 Agustus 2017 11:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 17 33 1757661 wayang-jadi-cara-marcella-zalianty-tanamkan-rasa-cinta-indonesia-kepada-anak-ofmgYjNZ9P.jpg Marcella Zalianty. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Marcella Zalianty memiliki cara sendiri untuk menanamkan rasa cinta Indonesia pada kedua anaknya, Kana dan Aryton. Dengan usia mereka yang masih sangat muda, Marcella mulai menumbuhkan nasionalisme Kana dan Aryton lewat cara yang tergolong sederhana namun terbukti cukup ampuh.

"Saya selalu menceritakan kepada mereka juga jangan sampai misalnya mereka ulang tahun, mereka nge-fans banget sama Marvel, tapi saya bikin ada pertunjukan wayang. Biar teman-teman lain juga (tahu), kita juga punya hero. Kita juga punya tokoh-tokoh wayang. Jadi saya tetap menyeimbangkan dengan sejarah, tokoh dari nenek moyang kita," kata Marcella saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Sambut Kemerdekaan Indonesia, Pemain TOP Ikut Lomba Makan Seblak

Dibalik sikap tersebut, Marcella mengaku punya alasan yang kuat. Faktor pendidikan kedua anaknya yang menimba ilmu di sekolah internasional jadi landasan utama.

"Saya enggak mau mereka kehilangan rasa cinta Indonesianya. Jadi saya terus mengisi," imbuhnya.

Kendati demikian, Marcella setidaknya bisa sedikit lega. Pasalnya, Kana sang anak sulung saat ini sudah mahir dalam menyanyikan beberapa lagu nasional meski tidak menimba ilmu di sekolah milik pemerintah.

"Kalau anak-anak sebetulnya dia sudah bisa menyanyikan 17 Agustus, Indonesia Raya, anakku sudah hafal yang 6 tahun. Kalau yang 3 tahun belum ya," kata Marcella.

Pada kesempatan yang sama, Marcella juga menyampaikan makna kemerdekaan bagi dirinya. Hal tersebut diutarakan Marcella seiring dengan situasi di Indonesia yang saat ini tengah merayakan Hari Kemerdekaan ke-72.

"Buat saya kemerdekaan itu bagaimana kita punya kebebasan untuk berekspresi, berkarya, tapi bertanggung jawab dan tentunya punya misi, yang positif, dan semua yang dilakukan punya rasa nasionalisme," katanya.

BACA JUGA: Indro Warkop dan Vino G Bastian Upacara Kemerdekaan di Istana Negara

Terakhir, Marcella juga menuturkan harapannya pada negeri tercinta. "Jangan sampai anak-anak muda kehilangan rasa cinta Indonesianya dengan era globalisasi dan digitalisasi yang begitu berkembang, begitu banyak," lanjut Marcella.

"Artinya tidak bisa dibatasi juga budaya-budaya asing, tentunya bagus buat kita juga, tapi jangan sampai kita lupa akar budaya kita sendiri," pungkasnya.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini