Liku Ridho Slank Menjajaki Dunia Musik

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Selasa 06 Juni 2017 12:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 06 06 205 1708700 liku-ridho-slank-menjajaki-dunia-musik-t3x7M79ISl.jpg

JAKARTA – Bukan perjalanan mudah bagi Ridho Slank untuk memulai karier sebagai salah satu gitaris populer Tanah Air. Bermusik secara otodidak, Ridho mengaku harus melewati pahit manis kehidupan sebelum karyanya dikenal banyak orang.

Kecintaan Ridho Slank pada dunia musik sudah tampak sejak usia belasan tahun. “Saat itu, saya mulai ngeband di Samarinda dan hanya dibayar 10 ribu rupiah. Ayah pun sangat menentang hobi saya bermain gitar, karena takut mengganggu sekolah. Dia bahkan sempat ingin membakar gitar saya ketika tahu saya masih berlatih gitar,” katanya saat ditemui OKEZONE di kawasan Senayan, Jakarta Selatan.

Ketika duduk di bangku SMA, Ridho Slank pindah ke Jakarta dan mulai serius belajar musik. “Pada era ’80-an, ruang berkreasi bagi musisi sangat terbatas. Sebagian besar dari mereka hanya bisa tampil di kafe. Akhirnya, saya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di sebuah institut bisnis. Tapi ternyata, passion saya tidak di sana dan saya tak kunjung lulus,” ujarnya.

Pada tahun 1995, atas restu sang ayah, Ridho meninggalkan pendidikannya di Jakarta dan belajar musik di Musicians Institute di Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat. Sepulangnya ke Indonesia, ia memilih untuk mengajar musik sebelum akhirnya bergabung dengan Slank pada tahun 1997.

 “Meski pengetahuan musik terbatas, namun saya sudah mulai mengajar teman-teman untuk bermain gitar sejak SMP. Bagi saya, sekolah musik bertujuan untuk mengajar. Itu kenapa saya menerima tawaran untuk mengajar musik sampai sekarang.”

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini