Image

Mengenang Chris Cornell, Vokalis Band Rock Audioslave dan Soundgarden

Lidya Hidayati, Jurnalis · Kamis 18 Mei 2017, 18:02 WIB
https img k.okeinfo.net content 2017 05 18 33 1694389 mengenang chris cornell vokalis band rock audioslave dan soundgarden 2Z1Q9fEdhv.jpg Chris Cornell (Foto: Spin)

LOS ANGELES - Industri musik dunia dikejutkan dengan kabar meninggalnya Chris Cornell yang mendadak. Cornell meninggal dunia secara mendadak dengan sebab yang tidak diketahi pada Rabu 17 Mei 2017 di usia 52 tahun.

Selama hidupnya, Cornell dikenal sebagai vokalis grup band rock Soundgraden dan Audioslave. Cornell memulai kariernya bersama Soundgarden yang dibentuk pada 1984 bersama Kim Thayil dan Hiro Yamamoto.

Cornell merajai industri musik rock dari awal 80an hingga 90an bersama Soundgarden. Selama itu, Soundgarden menjual lebih dari 10 juta copy album, dinominasikan di 9 nominasi Grammy Awards dimana dua diantaranya berhasil dimenangkan. Sayangnya, Soundgarden memutuskan untuk bubar pada 1997.

Setelah Soundgarden bubar, Cornell tak berhenti bermusik. Musisi kelahiran 20 Juni 1964 itu merilis single solo sebelum akhirnya direkrut untuk bergabung di supergrup Audioslave yang dibentuk oleh Rick Rubin. Album debut Audioslave sukses besar, ditandai dengan diraihnya triple platinum untuk album tersebut di Amerika.

Pada 2010, Cornell kembali dengan grup lamanya saat Soundgarden menggelar reuni yang ditunggu-tunggu. Dua tahun berselang, Soundgarden merilis album bertajuk King Animal pada 2012. Setelah itu, Soundgarden sejatinya menggarap album baru hingga detik ini.

Sama seperti musisi dunia pada umumnya, Cornell juga terjerumus ke lembah narkoba. Cornell menjalani rehabilitasi pada 2003 karena kecanduannya pada obat-obatan terlarang dan alkohol.

"Aku sebenernya banyak menjalani rehabilitasi. Seperti halnya sekolah, ini menyenangkan. Aku sadar aku bisa dididik di usia 38 tahun," jelas Cornell seperti dilansir The Guardian, Kamis (18/5/2017).

Cornell mengaku jika dia kerap menenggaj alkohol terutama sebelum manggung. "Aku kadang suka minum sebelum kami bermain (di atas panggung). Itu bukan hal besar," tandas Cornell.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini