nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cornelia Agatha Bangga Siap Bermain di "Semar Gugat"

Raynaldi Wahyu, Jurnalis · Kamis 25 Februari 2016 07:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 02 25 33 1320780 cornelia-agatha-bangga-siap-bermain-di-semar-gugat-mUMNCgiShF.jpg Teater Koma (Foto: Raynaldi/Okezone)

JAKARTA - Artis peran, Cornelia Agatha kembali menunjukkan kecintaannya terhadap dunia teater yang telah membesarkannya. Kali ini ia akan melakoni tokoh Betari Permoni suguhan Teater Koma bertajuk Semar Gugat.

Bintang sinetron Si Doel Anak Sekolahan ini mengaku banyak pelajaran akting yang dipetik semenjak ia tergabung dalam Teater Koma. Sehingga pada pementasan Semar Gugat pada tanggal 3-10 Maret 2016 mendatang, Cornelia menjanjikan penampilan semaksimal mungkin.

"Saya melihat sekali banyak kemampuan saya yang diasah di sini (Teater Koma) dan saya enggak mau melewati setiap peran yang saya perankan. Dan saya mau abis-abisan nanti," tegas Cornelia di sanggar Teater Koma di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan.

Sang sutradara, Nano Riantiarno mengambil lakon Semar Gugat yang pernah dipentaskan tahun pada 1995 ini dari tradisi ludruk. Lewat pementasan nanti, Nano akan menyuguhkan kritik sosial yang terjadi di Tanah Air dengan kemasan apik dan menghibur penonton.

"Lakon Semar Gugat menjadi sarana untuk menyampaikan kritik sosial yang kerap terjadi di masyarakat. Dikemas dengan kreatif shingga menampilkan pertunjukkan yang menarik dan tentunya mengibur penonton kami yang hadir. Kami harap penonton yang hadir memahami pesan moral yang kami sampaikan dalam lakon ini," papar peraih penghargaan South East Asia Writers tahun 1998 di Thailand.

Kali ini, panggung Teater Koma akan diramaikan oleh Budi Ros sebagai Semar, didukung oleh Dorias Pribadi, Rita Matu Mona, Emanuel Handojo, Asmin Timbil, Raheli Dharmawan, Alex Fatahillah serta Daisy Lantang, dan masih banyak lainnya.

Semar Gugat bercerita tentang Kerajaan Amarta yang sedang geger karena Srikandi meminta mas kawin yang tak wajar kepada calon suami, Arjuna. Saat pesta pernikahan nanti, Arjuna harus memotong kuncung Semar untuk dihadiahkan kepada Srikandi.

Hal ini tentu merupakan penghinaan besar bagi Semar dan keluarganya. Padahal, permintaan itu merupakan ulah Betari Permoni (Cornelia Agatha) yang merasuk ke dalam tubuh Srikandi untuk bisa bermesraan dengan Arjuna.

Akhirnya Semar pergi ke Khayangan, meminta dikembalikan jadi wujudnya yang rupawan. Kemudian menjadi raja Simpang Buwana Nuranitis Asri dengan gelar Prabu Sanggadonya Lukanurani. Penasaran bagaimana kisah selanjutnya?

Semar Gugat akan digelar pada 3-10 Maret 2016 di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru. Pementasan Teater Koma yang ke-143 ini dimulai pukul 19.30 WIB, sedangkan pentas hari Minggu diadakan pukul 13.30 WIB. Tiketnya dibanderol seharga Rp 75.000 sampai Rp 350.000.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini