Share

Perbedaan Rising Star dengan Indonesian Idol & X Factor

Edi Hardian , Okezone · Selasa 24 Juni 2014 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 06 24 386 1003444 sKYXasi08Q.jpg Rising Star Indonesia (Foto: Internet)

JAKARTA - Ajang pencarian bakat terbaru, The Rising Star, akan segera tayang di RCTI. Menyusul dari ajang sebelumnya, seperti X Factor dan Indonesian Idol, Rising Star memiliki banyak perbedaan.

Yang pertama, dari segi teknologi, jika X Factor dan Indonesian Idol menggunakan vote melalui SMS, telefon, ataupun Twitter, maka Rising Star memakai aplikasi tersendiri untuk memberikan vote.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kalau Rising Star pastinya beda sama sebelumnya, sekarang Rising Star menggunakan teknologi canggih, kita gunakan big screen, para voters bisa terlihat dan berkesempatan memilih langsung idolanya," ungkap Della Hayu, Media Relation Officer RCTI kepada Okezone di kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Selain dari segi teknologi vote yang berbeda, peran dewan juri di Rising Star sangat berbeda. Jika sebelumnya dewan juri sudah mengeliminasi sejak audisi, maka Expert (sebutan juri untuk Rising Star) tidak memiliki banyak pengaruh untuk menggugurkan peserta.

"Kalau Idol atau X Factor kan juri sudah mengeliminasi sejak audisi, kalau Rising Star pada fase kedua sudah ditentukan lewat vote," jelas Della.

Jadi, peserta yang sudah lolos sejak audisi pertama akan langsung masuk dalam fase "live audition" yang akan di-vote oleh pemirsa.

Peserta baru akan lolos ke fase berikutnya bila sudah mendapatkan 70 persen dari vote para pemirsa.

"Peserta akan lolos kalau dapat vote 70 persen, kalau di bawah itu peserta langsung eliminasi," tutup Della.

Selain itu, vote hanya bisa dilakukan saat peserta melakukan perform. Di luar penampilan peserta, maka vote tidak berlaku, dan ditutup.

(nsa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini