nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Film Merantau, Angkat Tradisi Silat Indonesia

Elang Riki Yanuar, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2009 10:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 07 02 206 234927 gT1h1XZPdW.jpg foto: merantau-movie)

JAKARTA - Upaya mengangkat budaya bangsa bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan film. Kali ini, film Merantau memiliki misi untuk mengangkat budaya bangsa.

Hal tersebut diungkapkan salah satu pemeran di film ini, Christine Hakim saat berkunjung ke sejumlah media MNC, di Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Senin (29/6/2009).

Artis senior ini mengungkapkan, dengan film ini dia mengajak semua orang untuk tidak malu untuk melestarikan budaya bangsa. "Kita pasti sepakat jika bahwa kita harus melestarikan warisan budaya bangsa," katanya.

Nah, film garapan sutradara asal Inggris Gareth Huw Evan ini berbicara mengenai tradisi pencak silat Indonesia.

"Pencak silat memang sudah populer di Eropa. Perkumpulan pencak silat di Indonesia juga sangat banyak. Saya sangat kagum dengan ketertarikan Gareth terhadap pencak silat yang merupakan budaya asli Indonesia. Kalau orang luar saja mau peduli kenapa kita tidak. Untuk itu kami ingin mengajak anak-anak muda agar peduli dengan warisan budaya Indonesia. Jangan takut dianggap ketinggalan zaman," paparnya.

Film ini mengangkat cerita tentang Silat Harimau yang berasal dari Bukit Tinggi, Sumatera Barat. "Silat ini hampir punah keberadaannya," ujarnya.

Dalam memerankan film ini, pemeran utamanya Uwais Qorny (Iko) tidak menggunakan pemain pengganti dalam beradegan ekstrem. "Karena aslinya memang pesilat, meskipun silat betawi," katanya.

Christine Hakim sendiri berperan sebagai ibu dari Iko ini. Rencananya film ini akan dirilis 6 Agustus 2009. Penasaran?

(uky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini