Uje Disebut Bang Toyib oleh Anak-anaknya

|

Obsesi - Global

Uje & Pipik saat umrah belum lama ini (Foto: Edi Hidayat)

Uje Disebut Bang Toyib oleh Anak-anaknya
JAKARTA - Kepergian Ustadz Jefri Al Buchori (Uje) yang sangat mendadak meninggalkan duka bagi keluarga, dan kerabat. Beberapa kenangan mendalam turut dirasakan keluarga terdekat.

Lantaran sering meninggalkan keluarga demi berdakwah, Uje dipanggil Bang Toyib oleh empat buah hatinya.

"Kebetulan saya sudah menjalani dakwah ini kurang lebih 10-11 tahun, eksis di televisi kurang lebih tujuh-delapan tahunnya. Alhamdulillah mereka sangat mengerti karena tahu kita adalah pejuang. Lahir sebagai pejuang. Dan mereka paham betul siapapun harus siap untuk ditinggalkan," kata Uje.

"Walaupun secara manusiawi sempat pernah ada pertanyaan-pertanyaan kayak waktu itu saya pulang ada inspirasi bikin lagu dengan nada lagu jablay tapi disalawatin, itu inspirasinya begitu saya pulang 'Abi pulang kayak Bang Toyib'. Terus ke atas ketemu kakaknya, tiba-tiba mereka nyanyi, 'Lay lay lay panggil Abi si jablay, Abi jarang pulang Umi jarang dibelai'. Dari situ inspirasinya bisa digubah, penyanyinya setuju senang," sambungnya.

Berdakwah selama belasan tahun tak membuat hubungan Uje dan Pipik Dian Irawati meregang, apa rahasianya ya?

"Sebetulnya ini masalah komunikasi, kita itu apa yang tidak ada di dunia ini? Allah memberikan kemudahan. Bicara ditelepon, tapi ada komunikasi dalam," ungkapnya.

Terkenal sebagai ustadz gaul, almarhum memiliki cara ampuh menjalani ujian hidup.

"Dukanya adalah suka. Buat seorang pendakwah itu kedukaan itu adalah kesukaan. Artinya tanpa sesuatu yang menghalangi, seseorang tidak akan berkualitas. Jadi hidup kan harus menerima ujian, artinya gini dunia itu kan tempat orang sekolah tempat orang belajar, tapi berakhir di ujian, tempat orang berdebat dan segala macam. Jadi kalau ujian itu jangan dihindari. Jadi doanya Ya Allah jangan hindari dari ujian, tapi luluskan," tandasnya.

Lihat videonya di sini.
(nsa)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Takut Dipanggil Tante, Ina Rosalien Tolak Main Sinetron