Image

Hari Musik, Jokowi Setuju Penyiaran Lagu Nasional 24 Jam Non Stop

ant, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017, 15:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 09 205 1638460 hari-musik-jokowi-setuju-penyiaran-lagu-nasional-24-jam-non-stop-DzgCCYkeRg.jpg (Foto: Antara)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan setuju dengan usulan agar setiap peringatan Hari Musik 9 Maret, dalam sehari penuh, lembaga penyiaran, tempat hiburan, kafe dan lainnya menyiarkan lagu-lagu nasional.

"Saya setuju agar pada Hari Musik Nasional, 'full' dari pagi hingga tengah malam itu, radio, televisi, departemen, kafe dan lainnya menyiarkan lagu nasional," kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara menyatakan hal itu ketika membuka Musyawarah Nasional VII Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) dan Peringatan Hari Musik Nasional Tahun 2017 di Istana Negara Jakarta, Kamis.

Presiden menyatakan belum tahu apakah pengaturan hal itu akan melalui penetapan Keputusan Presiden atau lainnya. "Tidak tau lewat Keppres atau apa, nanti biar diurus Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Pak Triawan Munaf," kata Presiden dalam acara yang dihadiri 200-an anggota PAPPRI.

Dalam kesempatan ini Presiden meminta sejumlah artis penyanyi maju depan untuk menjawab kuis dan meminta mereka menyanyi. Sejumlah artis yang diminta maju ke depan antara lain Ita Purnamasari, Andre Hehanusa, penyanyi kelompok Bimbo, Titik Puspa dan Raisa.

Presiden juga mengungkapkan pengalaman K-POP di Korea yang bisa menjadi bahan pelajaran bagi Indonesia dalam pengembangan musik nasional menjadi bertaraf internasional. "Mereka harus menyiapkan 13 tahun sebelum akhirnya bisa melakukan diplomasi budaya ke negara lain, saya kira itu ke depan kita juga harus hati-hati, jangan sampai ada penetrasi budaya luar tanpa kita bisa memagarinya," tegasnya. 

Sementara itu dalam laporannya Ketua PAPPRI Tantowi Yahya dalam memohon agar lembaga penyiaran hanya memutar lagu nasional dan daerah saat Hari Musik Nasional. "Ini merupakan perwujudan cinta pada musik karya anak bangsa untuk meningkatkan nasionalisme," imbuh Tantowi. Munas VII PAPPRI berlangsung di Jakarta selama dua hari yaitu 9 hingga 10 Maret 2017.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini