nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Naniel Yakin, Karyanya Membahana Hidupnya Merana

Amazon Dalimunthe, Jurnalis · Minggu 10 April 2016 14:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 10 205 1358942 naniel-yakin-karyanya-membahana-hidupnya-merana-VZYjexATHf.jpg Naniel K Yakin (Foto: Ist)

JAKARTA—Terkadang popularitas karya melebihi penciptanya. Itulah gambaran kondisi banyak pencipta lagu atau seniman kita saat ini. Hal ini juga terjadi pada pencipta lagu yang juga mantan wartawan , Naniel Khusnul Yakin atau akrab dipanggil Naniel ini.

Lagunya yang berjudul Bento membahana ke seluruh Indonesia . Bahkan ikut menjadi ikon kelompok "Swami", "Kantata Takwa" bahkan Iwan Fals. Tapi kini Naniel merana dihari tuanya. Selain didera berbagai macam penyakit, Naniel juga mengalami patah tulang kaki saat jatuh di warung apresiasi Bulungan beberapa bulan lalu.

Maka ketika sekelompok wartawan yang tergabung dalam Forum Wartawan Hiburan (Forwan) yang ditemani oleh Deddy Corbuzier menyambangi kediaman Naniel di Tangerang Selatan beberapa hari lalu, keharuan begitu menyeruak.

Melihat keadaan musisi asal Surabaya yang tidak berdaya, Deddy langsung berkaca kaca, apalagi setelah mendapat pernyataannya yang spontan namun rendah hati. "Kalau melihat karyanya yang fenomenal, lagu Bento. Mestinya Mas Naniel tinggal di apartemen mewah, menikmati hari tuanya. Tapi itulah nasib seniman Indonesia, harus menghadapi kenyataan pahit," ujar Deddy yang didampingi Sutrisno Buyil ketua umum Forum Wartawan Hibutan saat tandang kerunah musisi asal Surabaya itu.

Naniel adalah sosok seniman multitalenta, selain sebagai wartawan untuk desk hiburan sejak tahun 1984 - 1989, nyaris perjalanan hidup Naniel banyak dihabiskan untuk kegiatan berkesenian. Dari tangannya telah banyak melahirkan lagu-lagu ciptaannya seperti lagu Sangkala, Condet, Rog Rog Asem dan lagul kritik tentang lingkungan hidup Esek esek udug udug

Soal lagu Bento yang luar biasa fenomenal, sebagai pencipta lagunya mestinya Naniel bisa memperoleh segalanya akan karyanya. Naniel dengan kesederhanaan tak serta merta meratapi nasibnya. “Lho memang kenapa dengan lagu Bento? Aku sudah merasa kaya. Kalau kemudian Bento begitu sering dinyanyikan di rumah-rumah karaoke dan juga begitu banyak group band yang menyanyikan lagu Bento, artinya aku sudah memberikan makan untuk mereka semuanya,” tutur Naniel sambil terkekeh

Untuk memberikan dukungan terhadap Naniel, Deddy pun berjanji, akan membawa Naniel K Yakin sebagai bintang tamu di acara yang dipandunya. “Saya akan perjuangkan dan akan bicara dengan para produser. Supaya tidak ada lagi Naniel-Naniel lainnya yang punya karya tapi harus terkubur tanpa bisa menikmatinya. " kata Deddy sambil memandang nusisi yang pernah tergabung dalam kelompok bermusik seperti Lemon Tree’s-nya Gombloh, Konser Rakyat Leo Kristi, SWAMI, DALBO, Suket dan Kantata Takwa itu.

(Amz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini