Share

Pemain Serial Star Trek Nichelle Nichols Meninggal Dunia di Usia 89 Tahun

Adelline Tri Putri Marcelline, Okezone · Senin 01 Agustus 2022 11:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 01 33 2639812 pemain-serial-star-trek-nichelle-nichols-meninggal-dunia-di-usia-89-tahun-WeKNVZj3yc.jpg Nichelle Nichols meninggal dunia. (Foto: Instagram/@nichellenicholsofficial)

Nichelle Nichols yang terkenal karena perannya sebagai Nyota Uhura di serial Star Trek meninggal dunia pada usia 89 tahun. Hal ini diketahui usai putranya, Kyle Johnson mengunggah kabar duka tersebut di akun Instagram sang aktris.

“Tadi malam, ibu saya, Nichelle Nichols, meninggal dunia,” tulis Johnson pada Minggu (31/7/2022).

Star Trek

"Namun cahayanya seperti galaksi kuno yang sekarang terlihat untuk pertama kalinya, akan tetap ada untuk kita dan generasi mendatang untuk dinikmati, dipelajari, dan mendapat inspirasi,” tambah dia. 

Nichols lahir pada 28 Desember 1932 di Robbins, Illinois, Amerika Serikat. Sebelum bergabung dengan Star Trek, dia melakukan tur dengan artis jazz Duke Ellington sebagai penari dan penyanyi.

Dia kemudian membintangi film pada 1959 yang berjudul Porgy and Bess serta serial televisi The Letnan (1964). Nichols bergabung dengan Star Trek pada 1966 sebagai Letnan Nyota Uhura.

Dia menjadi sejarah lantaran sebagai wanita kulit hitam pertama yang memainkan peran utama di televisi. Nichols hampir meninggalkan Star Trek untuk berkarir di Broadway namun pada akhirnya dia bertemu dengan Dr. Martin Luther King Jr.

Martin Luther King kemudian meyakinkannya untuk tetap tampil di acara itu. Dia juga mengingatkan Nichols tentang pentingnya peran monumental, yang membuatnya menarik kembali pengunduran dirinya.

Nichols tetap di Star Trek sampai seri tersebut berakhir pada 1969. Warisan Nichols jauh melampaui serial ini. 

Dia bermitra dengan NASA untuk mendorong perekrutan astronot dari latar belakang yang kurang terwakili. Karyanya ini membantu membawa wanita pertama, Sally Ride dan pria kulit hitam pertama, Kolonel Guion Bluford ke luar angkasa.

Lebih lanjut, rekan Nichols juga turut menanggapi berita kematiannya.

“Representasi itu penting. Keunggulan dalam representasi bahkan lebih penting. Istirahatlah dengan baik, leluhur,” tulis Putri Dr. King, Bernice di akun Twittermya.

George Takei, yang terkenal karena perannya sebagai Hikaru Sulu di Star Trek juga memposting penghormatan kepada Nichols di Twitter.

“Untuk hari ini, hatiku berat, mataku bersinar seperti bintang-bintang yang kamu tempati sekarang, temanku tersayang,” tulisnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini