Share

Ternyata Ini Rahasia Kelezatan Masakan Chef Rayhan dan Arumi Bachsin

Karina Asta Widara , Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 13 2620625 ternyata-ini-rahasia-kelezatan-masakan-chef-rayhan-dan-arumi-bachsin-HE6bbcBbhk.jpg Foto: Dok MPI

Bumbu dan rempah mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan. Namun, tahukah Anda jika kelezatan suatu hidangan juga dipengaruhi oleh api. Sebab api yang bulat merata, dapat menambah cita rasa masakan. Hal ini disampaikan oleh Chef Rayhan Paramarta saat mendampingi Ibu Wakil Gubernur Jawa Timur Arumi Bachsin dalam acara Live IG Kompor Induksi Pasti Lebih hari ini, pada Selasa, (28/6) di Surabaya.

Pada kesempatan tersebut, Chef Rayhan bersama Arumi Bachsin memasak masakan khas Jawa Timur yakni rawon. Bahan utama dalam memasak rawon yakni menggunakan daging wagyu premium . Dengan telaten Chef Rayhan memperagakan cara mendapatkan kematangan sempurna daging yang dipanggang sebelum dimasak dengan bumbu rawon.

“Karena dagingnya wagyu, maka kupanggang sebentar agar cita rasanya sempurna," katanya.

Memasak dengan menggunakan kompor induksi, Chef Rayhan dibantu istri Wakil Gubernur Emil Dardak tersebut membolak-balikan sepotong daging wagyu di atas teflon. Hasilnya, daging tampak matang kecoklatan dengan sempurna.

“Ini karena apinya bulat, full ke masakan. Tidak kemana-mana, jadi hasilnya brown sempurna, “ ujarnya.

Ia juga menerangkan api yang demikian bulat tersebut hanya didapatkan dari kompor induksi. “Selain panas lebih merata juga lebih hemat waktu karena masakan lebih cepat matang, “ tuturnya.

Arumi mengatakan dengan menggunakan kompor induksi selain memudahkan dalam hal memasak juga sangat cocok untuk para Mom yang memang memiliki banyak kegiatan di luar rumah seperti dirinya.

“Sekarang aku cukup sibuk karena sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim, banyak kegiatan. Mengurusi balita hingga para lansia, “ ucap wanita cantik berdarah Jerman, Belanda dan Palembang ini.

Dalam urusan masak memasak, ia cukup bersyukur, karena suaminya yakni Wagub Jatim Emil Dardak, tidak banyak permintaan. “Beliau tidak rewel. Seleranya masakan Nusantara, semuanya mau, “ katanya.

Ia juga menceritakan ada satu masakan yang sangat disuka orang nomor dua di Jatim ini, yaitu semur lidah sapi.

“Di awal-awal, aku harus belajar keras, agar bisa memasak semur lidah sapi ini, karena sebelumnya sama sekali tidak pernah mencicipinya, “ ujarnya.

Untuk urusan belanja, ia mengaku lebih happy belanja di pasar tradisional. “Kalau menurutku, pasar tradisional itu surganya belanja, apa saja ada, selain itu lebih fresh,” tuturnya.

Memasak kala itu berlangsung sangat atraktif dan santai. Memasak pun jadi lebih menyenangkan dengan kompor induksi yang memudahkan para Mom untuk menyiapkan hidangan favorit keluarga. Tak hanya itu saja, menggunakan kompor induksi juga aman dan tidak perlu takut ada kebocoran gas seperti penggunaan kompor gas, jadi lebih aman.

Sajian khas nusantara itu pun selesai dibuat dan telah tersaji dengan cantik, dan rasanya sangat nikmat.Tak hanya memberikan tips seputar memasak rawon, Chef Rayhan juga memberikan info penting mengenai manfaat kompor induksi. “Selain tadi lebih aman, tidak perlu takut kehabisan gas atau kebocoran gas, kompor ini lebih praktis karena tinggal colok, sudah bisa langsung masak," tuturnya.

Kabar gembiranya lagi bagi konsumen yang memiliki kompor induksi, sekarang ada program tambah daya PLN, hanya 150.000 bisa tambah daya mulai dari 2.200 VA sampai 11.000 VA Tentunya dengan mekanisme penerbitan e-voucher bagi konsumen yang memiliki kompor induksi melalui pihak yang telah bekerja sama dengan PLN.Yuk beralih ke kompor induksi sekarang juga. Makanan jadi lebih sehat, dapur jadi makin stylish. Dengan kompor Induksi, pasti lebih. Lebih nyaman, lebih aman dan lebih praktis. PLN mobile, semua makin mudah!

(CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini