Share

Kaleidoskop 2021: Nia Ramadhani, Belibet Berbicara hingga Tertangkap Kasus Narkoba

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 30 Desember 2021 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 30 33 2525112 kaleidoskop-2021-nia-ramadhani-belibet-berbicara-hingga-tertangkap-kasus-narkoba-OEnixIkigh.jpg Nia Ramadhani. (Foto: Instagram)

NIA Ramadhani menjadi artis yang paling disorot sepanjang 2021 karena ia terjerat kasus narkoba bersama suaminya, Ardi Bakrie pada pertengahan 2021 lalu. Nia diciduk pihak Kepolisian di kediamannya pada 7 Juli 2021 lalu.

Sepanjang kariernya tak ada yang menyangka bahwa Nia Ramadhani tersandung kasus nakoba. Sejauh ini, Nia-Ardi masih menjalani rehabilitasi dan kasusnya masih berjalan di persidangan.

Berikut adalah lima rangkuman kaleidoskop2021 tentang kabar Nia Ramadhani yang terjadi di tahun ini:

Kronologi penangkapan

 nia ramadhani

Artis Nia Ramadhani (RA) ditangkap Kepolisian terkait kasus narkoba. Ini berawal dari penangkapan sopir Nia, berinisial ZN. Kemudian, disusul Ardi Bakrie yang menyerahkan diri ke Kepolisian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengungkapkan, penangkapan awal dilakukan pada Rabu 7 Juli 2021 sekira pukul 15.00 WIB di daerah Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

"Tiga orang tersangka, pertama inisial ZN laki-laki berusia 43 tahun, dia adalah sopir, juga yang membantu di kediaman dua tersangka lainnya. Keduanya adalah RA, perempuan 31 tahun ibu rumah tangga, dan ketiga inisialnya AAB usia 42 laki-laki, karyawan swasta," ujarnya saat jumpa pers di Polres Jakarta Pusat, Kamis 8 Juli 2021 silam.

Baca Juga: Matanya Berkaca-kaca, Nia Ramadhani Ingin Segera Pulang Bertemu Anak Usai Sidang Pleidoi Kasus Narkoba

Saat kediaman Nia Ramadhani digeledah, polisi menemukan barang bukti satu klip jenis sabu-sabu bruto 0,78 gram, kemudian satu buah bong alat hisap.

Mereka pun digelandang ke kantor polisi untuk pemeriksaan lanjutan, termasuk dilakukan tes urin. Hasilnya, ketiganya dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis sabu.

Viral gaya bicara Nia Ramadhani dianggap belibet

Tak lama setelah Nia Ramadhani diciduk gegara kasus narkoba, netizen pun melakukan cocoklogi dan mencibir Nia Ramadhani. Instagram Nia Ramadhani dibanjiri komentar pedas dari netizen.

Salah satu video viral usai penangkapan yakni gaya bicara Nia kala menjadi host TV. Netizen menduga bahwa istri Ardi Bakrie itu mengonsumsi narkoba lantaran kerap berbicara kurang jelas.

"Pantes Nia Ramadhani kalo ngomong suka belibet gajelas," tulis salah seorang netizen.

"Pantes ngomongnya belibet suka ngelantur," tulis netizen lainnya.

Bukan hanya itu, detik-detik sebelum penangkapan, Nia pun masih sempat update Instagram story. Saat itu Nia tengah kedatangan teman yang merupakan graphic designer. Tampilan wajahnya terlihat polos tanpa makeup, namun terlihat segar.

Sidang mulai digelar awal Desember, babak baru kasus narkoba Nia-Ardi

 nia ramadhani

Awal Desember 2021 menjadi babak baru kasus narkoba yang menjerat Nia-Adi. Sidang pertama digelar 2 Desember 2021 lalu.

Tampilan stylish Nia saat menjalani persidangan di PN Jakarta Pusat, menjadi sorotan publik. Pasalnya, Nia baru muncul ke publik usai 5 bulan menjalani rehabilitasi.

Ketika sidang perdana, Nia dan Ardi terlambat datang. Sidang tersebut diagendakan pada pukul 10.00 WIB, tetapi molor hingga dimulai pada 12.50 WIB. Sang kuasa kuasa hukum keduanya, Wa Ode Nur Zainab, menuturkan alasan kliennya terlambat.

"Sepertinya semalam makan agak kurang inilah, sambal atau apa, jadi tadi pagi sempet diare. Bu Nia sama pak Ardi (diare)," kata Wa Ode usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Nia tolak tegas tuntutan 12 bulan rehabilitasi

 nia ramadhani

Selang tiga pekan, sidang tuntutan Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie digelar. Dalam persidangan 23 Desember 2021 itu, jaksa penuntut umum (JPU) membacakan tuntutan 12 bulan rehabilitasi untuk Nia-Ardi.

Nia mengaku kaget karena dia dan suami seharusnya mendapat rekomendasi masa rehabilitas lebih ringan dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Berdasarkan hasil asesmen, kami direkomendasikan 3 bulan rehabilitasi. Tapi, justru dituntut 12 bulan. Atas dasar apa?” ujarnya usai sidang.

Dengan nada tegas, istri Ardi Bakrie itu mengatakan keberatan dengan tuntutan JPU.

“Saya hanya berharap, kami bisa mendapat keadilan pada sidang minggu depan,” kata sang aktris menambahkan.

Rindu anak

 nia ramadhani

Pada Kamis, 30 Desember 2021 Nia Ramadhani menjalani sidang pleidoi dan mengungkapkan rasa rindu terhadap tiga buah hatinya. Usai persidangan, Nia pun memohon doa agar bisa segera pulang dan bertemu anak-anaknya.

"Doain ya biar cepat ketemu anak-anak," ujar Nia sambil berjalan menuju mobil di luar pengadilan.

Sang artis pun meminta majelis hakim mempertimbangkan kondisinya sebagai ibu dari 3 anak. Ya, selama menjalani rehabilitasi, mereka harus pisah dalam kurun waktu lama dengan orangtuanya yang terjerumus ke proses hukum ini.

"Saya pribadi memohon Yang Mulia mempertimbangkan juga kondisi saya sebagai ibu dari 3 anak yang masih kecil, yang saat ini mengalami keterbatasan dengan saya dan ayahnya di mana anak-anak memerlukan kehadiran saya sebagai ibu mereka dalam keseharian mereka," ujar Nia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini