Postingan 'Aku Bangga Jadi Orang Palestina' Dihapus Instagram, Bella Hadid Meradang

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 33 2243584 postingan-aku-bangga-jadi-orang-palestina-dihapus-instagram-bella-hadid-meradang-Y0ACwjz0ZZ.jpg Unggahan Bella Hadid di Insta Story dihapus pihak Instagram. (Foto: Middleeasteye.net)

BELLA Hadid terkenal vokal menyuarakan identitasnya sebagai keturunan Palestina. Bahkan, dia sempat melakukan aksi pro Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat pada 2017 lalu. Ia melakukan ini setelah Presiden Donald Trump menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel kala itu.

Kali ini, Ia mengunggah foto paspor Amerika ayahnya, Mohamed Hadid, yang sudah kadaluarsa di Insta Story. Pada paspor tersebut tertulis bahwa sang ayah lahir di Palestina.

“Aku bangga menjadi orang Palestina,” tulis Bella Hadid.

Dia pun mengajak semua orang untuk mengunggah foto di mana orang tua mereka lahir sebagai bentuk penghargaan terhadap daerah asal.

Namun, tak lama kemudian, unggahannya tersebut menghilang dari Instagram. Ia pun menerima pemberitahuan bahwa unggahannya tersebut mengandung unsur kekerasan atau bullying.

Bella Hadid.

Model 23 tahun ini tidak terima dan akhirnya unggah foto yang langsung ditujukan untuk pihak instagram.

“Instagram menghapus fotoku yang hanya berisi foto paspor Amerika ayahku dengan asalnya dari Palestina,” tulisannya. 

Baca juga:

Kendall Jenner dan Gigi Hadid Lelang Pakaian untuk Amal

Ucapkan Selamat Lebaran, Bella Hadid Ungkap Kenangan Masa Kecil

Ia mempertanyakan mengapa pengakuan ayahnya seorang Palestina disebut sebagai bentuk bully atau kekerasan. 

“Apakah kami tidak boleh menjadi ‘seorang Palestina’ di Instagram? Menurutku ini adalah sebuah bentuk bullying,” tulisnya mempertanyakan tindakan Instagram.

Apa yang dilakukan oleh Instagram menurutnya adalah sebuah bentuk kekerasan. Dia yakin apa yang dilakukan Instagram adalah tindakan penghapusan sejarah. Menurutnya, tindakan membungkam orang lain bukanlah jalan yang tepat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini