Kampanye Antirasisme I Take Responsibility Dicibir Netizen Twitter

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 33 2229038 kampanye-antirasisme-i-take-responsibility-dicibir-netizen-twitter-gBAYjUuSdF.jpg (Foto: Glamour)

JAKARTA – Kembali muncul kampanye menyuarakan antirasisme, yakni I Take Responsibility, yan dirilis pada Kamis 11 Juni 2020. Gerakan kampanye antirasisme ini merupakan kerja sama antara NAACP dan beberapa selebriti kulit putih terkenal dunia.

I Take Responsibility, gerakan kampanye yang mengajak orang-orang berkulit putih untuk mau vokal menentang tindakan rasisme. Kampanye ini diketahui diikuti oleh Kristen Bell, Kesha, Aaron Paul, Bryce Dallas Howard, Sarah Paulson, Stanley Tucci, serta beberapa selebriti papan atas dunia lain.

Menurut siaran media yang beredar, para selebriti yang terlibat dalam kampanye ini adalah sosok orang-orang yang berkomitmen untuk mendukung organisasi yang berdedikasi, dalam memperjuangkan hak-hak kelompok komunitas yang tertindas.

Terlepas dari tujuan kampanye yang berniat baik, tapi nyatanya kampanye I Take Responsibility ini dicibir netizen. Mengutip Glamour, Jumat (12/6/2020), sebagian netizen pengguna Twitter, langsung membandingkan gerakan I Take Responsibility ini dengan kampanye Imagine yang ramai pada awal 2020 lalu.

Baca juga: Selena Gomez Pinjamkan Akun Instagram demi Gaungkan Black Lives Matter

Kampanye Imagine, saat di mana para selebriti ramai meng-cover lagu tenar milik John Lennon tersebut, mencoba membangkitkan semangat masyarakat dunia ketika pandemi virus corona baru muncul.

Menurut beberapa netizen, para selebriti yang ikut serta dalam kampanye ini hanyalah cari panggung dan branding imej semata.

“Menyesal memberitahu kalian, para selebriti kembali melakukannya,” tulis akun @Marlow**C.

“Datang ke sini hanya untuk melihat sesuatu yang jijik,” tambah akun @Nex***Mayor.

“Aku tidak bisa memaksakan diriku untuk mendengarkan orang-orang berkulit putih mencoba bersikap dramatis, mengucapkan kelemahan mereka. Tidak, terima kasih,” timpal akun @nothanksbye***

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini