nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nungki Kusumastuti Napak Tilas Sebelum Bawakan Tarian Semi Sakral

Hana Futari, Jurnalis · Sabtu 07 September 2019 03:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 06 33 2101468 nungki-kusumastuti-napak-tilas-sebelum-bawakan-tarian-semi-sakral-fYn53t9LvR.jpg Nungki Kusumastuti (Foto: Instagram Nungki Kusumastuti)

JAKARTA – Aktris senior yang juga seorang penari, Nungki Kusumastuti melakukan kebiasaan napak tilas sebelum membawakan tarian semi sakral. Bersama tim tarinya, Nungki pun berziarah ke makam tokoh yang diceritakan dalam tarian tersebut.

“Saya selalu melakukan doa jika akan menarikan tarian yang berangkat dari legenda atau tokoh yang pernah ada dan kami biasanya napak tilas. Hal itu dilakukan dalam rangka menghormati yang bersangkutan semacam izin spiritual selain kepada Allah. Kita izin akan membawakan peran dia dalam pengertian dengan interprestasi baru,” ujar Nungki Kusumastuti kepada Okezone melalui sambungan telepon.

Baca Juga:

Viral Flashmob Tari Kera di Yogyakarta, Nungki Kusumastuti: Keren Banget

Panas, Jerinx Kembali Sindir Via Vallen

Nungki Kusumastuti

Dia pun mencontohkan pengalaman saat menarikan tarian Sekar Pembayun karya Retno Maruti. Sebelum menarikan tarian yang diangkat dari sebuah tokoh legenda itu, Nungki berziarah ke makam sang tokoh serta tempat-tempat yang dikisahkan sering didatangi oleh Sekar Pembayun.

Napak tilas dan berziarah dilakukan Nungki bukan untuk urusan mistis. Hal tersebut hanya bentuk penghormatan pada tokoh yang akan dia tarikan.

Selain napak tilas dan berdoa, Nungki juga melakukan puasa. Dia pun kembali mengingatkan bahwa puasa tersebut bukan dimaksudkan kepada sesuatu yang mistis.

Baca Juga:

Video Dugem Gisella Anastasia Viral, Netizen: Kasian Gempi

Pamer Pakaian Dalam, Clara Duo Semangka: Ukurannya Gede Banget


“Puasa itu dimaksudkan bukan untuk mistis tapi menahan diri. Kalau kita menarikan tari Bedoyo yang semi-sakral memerlukan konsentrasi tinggi, berpuasa untuk mengurangi bicara, mengurangi makanan sangat biasa,” lanjutnya.

Lebih dari itu, menari bagi Nungki sudah dia anggap sebagai ibadah. “Kalau kami muslim, kami melakukan kegiatan yang berkaitan dengan Islam. Tetapi, kalau kita dari Jawa dan masih menghormati kepercayaan lama, ya biasanya kami melakukan doa khusus, napak tilas atau mengadakan selametan,” tutup Nungki Kusumastuti.

1
2
BERITA FOTO
+ 10

Potret Cantik & Seksinya Siva Aprilia yang bikin Cowok-Cowok Ogah Berkedip

Selain cantik, Siva memiliki tubuh seksi. (Foto: Instagram @sivaapriliareal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini