nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Merasa Nikah Siri Merugikan Wanita, Alasan Nikita Mirzani Minta Isbat

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 13:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 09 33 2053506 merasa-nikah-siri-merugikan-wanita-alasan-nikita-mirzani-minta-isbat-BVPnaFXo9d.jpg Foto: Dok Okezone

JAKARTA - Pihak Nikita Mirzani dan Dipo Latief kembali dipertemukan di persidangan. Pada sidang yang digelar hari ini, Kamis (9/5/2019) pihak Nikita diketahui mengajukan pembuktian atas isbat pernikahan yang ia ajukan beberapa waktu lalu.

Kuasa hukum Nikita Mirzani, Fahmi Bachmid, mengungkap bahwa isbat pernikahan yang diajukan kliennya, hanya untuk memberikan perlindungan pada dirinya sebagai wanita. Pasalnya, pernikahan siri hanya tercatat dalam agama dan bukan secara hukum, sehingga hal tersebut tentu merugikan pihak wanita.

"Sebenarnya permohonan ini untuk kepastian hukum untuk seorang wanita. Karena pernikahan yang tidak tercatat, itu hanya membawa dampak yang negatif. Bisa dikatakan lebih negatif bagi wanita, makanya diisbatkan, dikasih aturan tentang peraturan isbat nikah, itu adalah untuk memberikan perindungan kepada seorang wanita yang nikah tidak dicatatkan dan di hadapan KUA," ungkap Fahmi Bachmid saat ditemui usai persidangan di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Nikita Mirzani Ajukan 6 Bukti Dalam Sidang Isbat Pernikahan

"Sehingga kompilasi memberikan sebuah aturan tentang dibenarkannya mengajukan permohonan isbat nikah. Jadi kita minta bahwa betul suami istri, setelah itu kita minta cerai. Apa lagi? Kita bukan minta untuk terus kok," jelasnya.

Fachmi menambahkan bahwa harusnya pihak Dipo berterima kasih pada kliennya. Sebab, ibu tiga anak tersebut mengajukan isbat pernikahan bukan untuk meminta rujuk, tetapi meminta pernikahan mereka disah kan secara hukum, kemudian kembali berpisah.

Baca juga: Foto dengan Nia Ramadhani, Deddy Corbuzier Dianggap Tidak Sopan

"Harusnya berterima kasih ya, karena Nikita bukan minta mereka kembali, bukan gugat untuk kembali. Tapi gugat untuk menyatakan 'Hey saya istrimu dulu. Saya pernah nikah dengan Anda tanggal sekian, dan saat ini saya punya anak', setelah itu cerai. Enggak usah gembar gembor cerai, kan memang sudah cerai kok. Wong yang diminta permohonan cerai bukan permohonan kawin lagi. Jadi enggak perlu terlalu gimana, kebakaran jenggot atau apa, yang selow selow saja," paparnya.

"Nikita Mirzani juga enggak mau minta kembali kok. Enggak usah khawatir, enggak akan dipaksa untuk minta kembali. Cuma kalau ini ada anak yang lagi, jadi ini kan bukan kemauan Nikita, tapi kemauan hukum, kalau ini menjadi tanggung jawab pihak ayah. Jadi hukumnya seperti itu, jadi bukan keinginan Nikita, hukumnya sudah seperti itu," pungkasnya.

(sus)

BERITA FOTO
+ 5

Pose Nikita Mirzani di Atas Ranjang, Banyak Tato di Tubuhnya

Tato tersebut menghiasi punggung dan lengan Nikita Mirzani. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini