nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aktor Empire Jussie Smollett Ditangkap Polisi Atas Laporan Palsu

Siska Maria Eviline, Jurnalis · Kamis 21 Februari 2019 23:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 21 33 2021266 aktor-empire-jussie-smollett-ditangkap-polisi-atas-laporan-palsu-DohTkR1U18.jpg Jussie Smollett. (Foto: Instagram)

LOS ANGELES – Aktor serial Empire, Jussie Smollet, tampaknya harus membayar mahal keisengannya. Pada 21 Februari 2019, Kepolisian Chicago melaporkan bahwa sang aktor dijebloskan ke penjara atas kasus laporan palsu.

Kepastian penahanan itu diungkapkan oleh Tom Ahern, Deputi Direktur News Affairs dan Komunikasi Kepolisian Chicago lewat kicauannya di Twitter. “Update Kasus: Jussie Smollet kini resmi menjadi tersangka atas investigasi kriminal oleh #KepolisianChicago atas laporan palsu (termasuk dalam tindak kejahatan kelas 4),” ujar Ahern.

Baca juga: Sang Putri Dibully, Ajay Devgn: Hujat Aku, Jangan Anakku

Berita penahanan itu mencuat setelah tim kuasa hukum Smollett menegaskan, kliennya tak bersalah atas tuduhan laporan palsu yang dikeluarkan pihak kepolisian. “Seperti masyarakat pada umumnya, Smollett mengharapkan adanya azas praduga tak bersalah,” ujar Todd Pugh dan Victor Henderson, kuasa hukum Smollett seperti dikutip dari PEOPLE, pada Kamis (21/2/2019).

“Atas kasus ini, kami selaku kuasa hukum meminta pihak kepolisian untuk melakukan investigasi menyeluruh,” imbuh kedua pengacara itu. Namun apabila Smollett terbukti bersalah dalam persidangan, maka dia terancam 3 tahun penjara atas pelanggaran tindak kejahatan kelas 4.

Kasus ini sebenarnya bermula pada 29 Januari 2019. Kala itu, Jussie Smollet dilarikan ke rumah sakit setelah diserang dua pria tak dikenal. Dalam laporannya kepada polisi, Smollett mengaku, kedua pria itu mendekatinya dan memakinya dengan hujatan rasial dan homofobia.

Aktor 36 tahun itu, mengaku dicekik menggunakan seutas tali sebelum akhirnya kedua pria itu melarikan diri. Namun setelah melewati penyelidikan, Kepolisian Chicago menemukan bukti bahwa Smollet membayar dua kakak beradik asal Nigeria untuk pura-pura menyerangnya.

Baca juga: Priyanka Chopra Diisukan Hamil, sang Ibu Buka Suara

Polisi menyatakan, Smollett membayar kakak beradik itu sebesar USD3.500 atau setara Rp49,35 juta. Rekam keuangan kedua pria itu menunjukkan mereka membeli tali (untuk mencekik Smollett) di sebuah toko perkakas, pada 25 Januari 2019.*

(SIS)

BERITA FOTO
+ 9

Kejati DKI Jakarta Pastikan Berkas Perkara Ratna Sarumpaet Sudah P21

Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta memastikan berkas perkara Ratna Sarumpaet sudah lengkap atau P21 sehingga tim penyidik Polda Metro Jaya akan melimpahkan tahap dua barang bukti dan tersangka ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini