nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sertifikasi Bagi Musisi, Begini Penjelasan Anang Hermansyah

Revi C. Rantung, Jurnalis · Sabtu 02 Februari 2019 13:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 02 02 205 2012888 sertifikasi-bagi-musisi-begini-penjelasan-anang-hermansyah-LudVqB8cgA.jpg Anang Hermansyah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Rancangan atau RUU Permusikan kini tengah menjadi pembahasan yang luar biasa. Pasalnya ada beberapa pasal yang kurang disetujui oleh beberapa musisi yang telah membaca draft RUU Permusikan. Ya, salah satunya dengan adanya sertifikasi setiap musisi dalam berkarya dan juga menggelar pertunjukan.

Terang saja, hal ini yang membuat musisi kurang nyaman sehingga Anang Hermansyah yang merupakan anggota DPR komisi X RI banjir kritikan.

Menanggapi hal tersebut, suami dari Ashanty ini pun angkat bicara. Menurutnya sertifikasi itu ditujukan bagi musisi yang membutukan.

 

“Makanya kembali kepada keinginan temen-temen, mereka butuh atau tidak (sertifikasi). Menurut aku kalau pemain (musisi) butuh punya sertifikasi. Kan player ada sekolahnya, tapi kalau pengarang lagu enggak ada sekolahnya,” ujar Anang melaui sambungan telepon belum lama ini.

Baca Juga: Peluk Asisten yang Berduka, Anang Hermansyah Tuai Pujian Netizen

Lebih lanjut, dari sertifikasi ini juga menjurus pada identitas dari sang musisi. Dimana hal tersebut akan tersaji dalam KTP soal pekerjaan sebagai musisi. Praktis hal itu akan menguatkan identitas sehingga akan dihargai pad bidang pekerjaannya.

Belum lagi dari sertifikasi ini dapat memaparkan kelas dari musisi itu. Terlebih dari jenis bayaran yang dapat ia terima dengan adanya sertifikasi.

 

“Menarik pada saat dia KTP-nya, pekerjaannya adalah seniman musisi, pemain gitar. Kan nanti Republik ini akan ada single identity. Pada saat dia ada sertifikasi, dia dihargain sebagai seorang seniman,” tambah Anang.

“Kenapa? bayarannya jelas, bahwa sertifikasi kelas ini, begini, dia bayarannya sekian. Dia datang ke bank dihargain, nggak kayak Anang dulu, datang ke bank dicuekin," lanjutnya.

Tidak hanya para pemain musik, nantinya lewat sertifikasi ini, bakal membahas soal royalty. Dimana sang pengarang lagu juga bisa mengambil bagiannya.

Dikatakan Anang, banyak para seniman-seniman yang punya karya tapi tidak mendapat bagiannya.

“Coba sekarang seniman-seniman tua karyanya nggak ada yang bayar. Pada saat dia sakit, kita minta urunan. Karyanya itu disetel di televisi, di radio, cafe, dibayar enggak? Nggak. Aku tanya, mereka-mereka miskin minta dana kanan kiri, kan kalian nggak bayar, itu masalahnya di republik ini. Kalau kalian bayar, nggak perlu ada itu (sertifikasi)," tutupnya.

(edh)

BERITA FOTO
+ 3

Romantis, Duet Ashanty dan Anang di Panggung Silet Awards 2017

Aksi panggung Ashanty dan Anang Hermansyah pada acara Silet Awards 2017 di MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta, Senin (16/10/2017) malam. Pada duet tersebut pasangan Ashanty dan Anang bawakan single Jodohku.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini