nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Anak Artis Terima Endorse Disebut Eksploitasi Jika...

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 21 Januari 2019 02:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 01 20 33 2006985 anak-artis-terima-endorse-disebut-eksploitasi-jika-vYbF8URsJ9.jpg Ilustrasi Eksploitasi Anak (Foto: Okezone)

JAKARTA - Saat ini banyak dijumpai masyarakat yang mengunggah foto anak-anaknya di media sosial. Artis dan para selebgram bahkan melibatkan anaknya untuk mendulang pundi-pundi rupiah lewat endorse.

Anak diminta untuk berpose hingga berakting bersama dengan produk tertentu yang telah melakukan perjanjian dan pembayaran terlebih dahulu. Pendapatannya bisa dibilang lumayan memang, namun bagaimanakah dampak endorse terhadap anak tersebut? Apakah melibatkan anak dalam endorse termasuk eksploistasi pada anak?

Baca Juga: Puas dengan Konser BLACKPINK di Jakarta, Jisoo: Mantul!

Baca Juga: Jade 'Little Mix' Ungkap Hasrat Kolaborasi dengan BlackPink

Ternyata, endorse menurut Rita Pranawati, Komisioner Bidang Pengasuhan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) jika mengganggu tumbuh kembang anak, maka endorse dianggap sama saja mengeksploitasi anak. Terlebih jika anak tidak nyaman dengan kegiatan endorse tersebut, serta ada unsur pemaksaan.

"Endorse anak kalau mengganggu tumbuh kembang, saya pernah ya selebgram anak-anak kembar waktu itu manggung di mana saya lihat sendiri, ibunya maksa padahal itu jam tidur anak sampai nangis nangis dikejar pengasuhnya, menurut saya itu sudah eksploitasi," jelas Rita Pranawati, saat dihubungi Okezone lewat sambungan telepon belum lama ini.

Anak yang dilibatkan dalam endorse yang disaksikan oleh Rita pada kala itu masih berumur sekira 2-3 tahun, yang dianggapnya belum mengerti apa-apa. Endorse bisa dilakukan oleh anak menurut Rita jika hanya sesekali saja, dan tidak terus menerus, selain itu mesti juga dilihat dari dampak yang ada pada anak.

"Tapi kalau misalnya bukan terus menerus hanya sekali menurut saya enggak, dilihat dari dampak tapi harus penuh kehati-hatian karena kan anak itu di dunia digital datanya bisa diambil, harus diwaspadai," imbuhnya.

Tak hanya itu saja, Rita juga berpesan pada artis yang telah menjadi orangtua agar tidak membagikan foto anak yang mengandung unsur pornografi dan tidak membuatkan anak akun Instagram pribadi.

Bagi orangtua yang telah melibatkan anak dalam kegiatan endorsement sebaiknya mulai memperhatikan tumbuh kembang anak, seperti yang telah Rita jelaskan, "Dilihat dampak tumbuh kembangnya, sebenarnya yang bisa melihat psikolog dan kita pun merujuk pada psikolog," tandasnya.

(aln)

BERITA FOTO
+ 7

Endrose Kosmetik Ilegal, Polda Jatim Akan Periksa Via Vallen dan Nella Kharisma

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim), Irjen Pol Luki Hermawan memeriksa kosmetik ilegal di Gedung Ditreskrimsus Polda Jatim.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini