nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yulio 'Piston' Ajak Masyarakat Berkarya Tanpa Batas

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Rabu 12 Desember 2018 08:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 12 33 1990059 yulio-piston-ajak-masyarakat-berkarya-tanpa-batas-bLWKMajagX.JPG Yulio Piston (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA – Industri kreatif di Indonesia kian berkembang dari tahun ke tahun. Seakan tak mengenal batas, berbagai karya baru muncul dari perpaduan lintas bidang, baik itu dari musik, fotografi, kuliner, atau bahkan visual art.

Baca Juga: Bertemu Daniel 'Wanna One' di MAMA 2018, Marion Jola: Langsung Sesak Nafas

Pembahasan tentang karya tanpa batas dari para pelaku industri kreatif pun hadir dalam talkshow Freeware Spaces x Go Ahead Challenge di kawasan Kemang belum lama ini. Yulio ‘Onta’ atau bassist dari band metal Piston menjadi salah satu narasumber yang membagikan kisah tentang kecintaannya menggeluti dunia fotografi panggung.

Bagi Yulio, menggabungkan seni musik dan fotografi adalah sebuah contoh bahwa kreativitas bisa diciptakan tanpa batas. Mengabadikan momen dalam sebuah pertunjukan musik bisa dijadikan medium untuk bercerita kepada orang lain.

Yulio Piston - Go Ahead Challenge

“Awal suka fotografi itu karena kagum liat foto-foto band pas manggung yang keren banget. Menurut saya fotografi musik khususnya stage act photography, bisa menyampaikan suasana yang terjadi di sana untuk orang-orang yang tidak bisa nonton langsung," kata Yulio.

"Inspirasi tersebutlah yang membuat saya ingin mempelajari lebih jauh fotografi musik, apalagi sebagai musisi saya merasa dapat berkarya lebih jauh dengan pemahaman saya akan moment-moment penting di atas panggung,” sambung Yulio.

Yulio Piston - Go Ahead Challenge

Yulio sendiri merupakan pemenang dari Go Ahead Challenge tahun 2016. Ia mengajak para masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengekspresikan passion mereka lewat ajang Go Ahead Challenge 2018 ‘Karya Gak Tau Batas.’

Setelah mengikuti Go Ahead Challenge, Yulio mengakui bahwa dirinya mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran baru. Selain semakin memperdalam ilmunya, ia juga bisa mengenal lebih banyak pelaku industri kreatif lewat ajang ini.

“Saya sangat bersyukur memutuskan untuk mengikuti Go Ahead Challenge dua tahun lalu. Karena dari situ saya bisa belajar banyak hal dari berbagai tokoh kreatif Tanah Air, seperti Anton Ismael atau Ade Darmawan. Saya juga dapat menemukan berbagai inspirasi dari mereka untuk mendalami passion apa pun, untuk berkarya sebebas mungkin,” ujar Yulio.

Platform kompetisi kreatif dari berbagai bidang Go Ahead Challenge "Karya Gak Tau Batas" 2018 dapat dilihat di GoAheadPeople.id mulai Oktober-Desember 2018. Kompetisi ini membuka kesempatan untuk eksplorasi hal-hal di bidang musik, kuliner, fotografi dan visual art.

Baca Juga: 3 Selebriti Ini Ternyata Berasal dari Papua, Nomor 1 Sukses Bintangi Film

Selain bisa pamer ide dan konsep karya, para peserta juga diajak untuk belajar langsung di Creative Academy bersama para pelaku kreatif yang juga berperan sebagai kurator Go Ahead Challenge 2018. Mereka adalah Widi Puradireja dan Jason Ranti (musisi), William Gozali dan Martin Natadipraja (kuliner), Anton Ismael dan Bill Satya (fotografi) dan Naufal Abshar dan Ardneks (visual art).

(LID)

BERITA FOTO
+ 6

Ini Dia Para Pemenang Lomba Vlog Super11 Challenge HUT ke-11 Okezone

Pemimpin Redaksi Okezone M Budi Santosa (kanan) dan Wapemred Palupi Ambardini (kiri) foto bersama pemenang satu lomba Vlog Super11 Challenge HUT ke-11 Okezone Rizky Laksana (dua kanan) dan pemenang tiga Wenti Ayu Apsari.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini