nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Film Bagus Citra Indonesia, Tema Besar Piala Citra 2018

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 19:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 12 09 206 1988920 film-bagus-citra-indonesia-tema-besar-piala-citra-2018-3kCsRrhefh.jpg FFI 2018 (foto: Vania/Okezone)

JAKARTA - Untuk yang ke-38 kalinya Festival Film Indonesia (FFI) menyelenggarakan malam anugerah Piala Citra 2018, Minggu (9/12/2018). Digelar di Teater Besar Taman Ismail Marzuki, satu yang terbaik dari total 22 kategori dari berbagai bidang perfilmanpun akan ditentukan. Bahkan ditahun ini Film Bagus, Citra Indonesia menjadi tema besar dalam malam penganugerahan Piala Citra 2018.

Pengumuman pemenang malam hari inipun diketahui sudah melalui perjalanan cukup panjang. Mulai dari seleksi asosiasi dan komunitas film, anggota FFI hingga juri independen yang berjumlah 163 orang.

Baca Juga: Bercerai dan Tak Punya Anak, Jennifer Aniston Tetap Bahagia

Baca Juga: Miley Cyrus Tidak Memakai Bra Saat Promosi Lagu Baru

Panitia FFI 2018


Sejak bulan November, para pemilih diketahui sudah menonton beberapa film yang dinominasikan melalui layar bioskop maupun secara online. Bahkan pada 3 Desember kemarin, total penilaian telah terkumpul dan di rekapitulasi oleh akuntan publik, yakni Deloitte Consulting dan diawasi oleh komite pemilihan dan penilaian yang diketuai oleh Nia Dinata.

"Malam ini semua pemenang, yang dinilai adalah karya hasil dipilih orang kredibel juga dan yang boleh memilih adalah mereka yang pernah masuk nominasi atau menang Piala Citra. Total 500 (yang berhak memilih) sejak 1955, namun voter tahun ini sekitar 150 orang," ungkap Ria Irawan selaku Komite Penjurian dalam konfrensi pers, Minggu (9/12/2018).

"Malam ini kerja keras untuk menampilkan yang terbaik. Dan baru tahun ini kami melibatkan nominator untuk terlihat di acara. Agar ada kedekatan," timpal Lukman Sardi.

Pada penyelenggaraan Piala Citra kali ini, film karya Mouly Surya, Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, diketahui menerima 14 nominasi sekaligus. Disusul oleh Sekala Niskala dengan raihan 9 nominasi.

Malam penganugerahan Piala Citra sendiri diketahui akan ditayangkan secara Live mulai pukul 19.00 WIB. Acara tersebut juga akan dipandu oleh Rory Asyari serta Maudy Koesnaedi, dan diramaikan pula oleh para pembaca nominator. Tak hanya itu, beberapa penampil dalam penganugeraan ini diketahui akan menyanyikan theme song dari empat film terbaik yang menampilkan lanskap nusantara, serta menunjukkan keberagaman.

Usai penyelenggaraan Piala Citra, sebagai komite, FFI diketahui memiliki program dalam rangka peningkatan kualitas perfilman Indonesia. Sebut saja Kanoisasi Film Indonesja, Masterclass, Pembiayaan Perfilman, Kolaborasi Komunitas, Market Screening/Showcase, Literssi dan Apresiasi Publik, dan masih banyak lagi.

(aln)

BERITA FOTO
+ 5

Di Film Preman Pensiun, Sindy Lasmana Berperan sebagai Kinasih

Pemain film Preman Pensiun, Sindy Lasmana, yang berperan sebagai Kinasih di sela-sela pemotretan di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini