nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berjaya di Amerika Serikat, Crazy Rich Asian Terperosok di China

Rena Pangesti, Jurnalis · Rabu 05 Desember 2018 17:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 05 206 1987255 berjaya-di-amerika-serikat-crazy-rich-asian-terperosok-di-china-5NuTD0JYKb.jpg Crazy Rich Asian (Foto: BBC)

BEIJING – Film Crazy Rich Asian yang dirilis pada 15 Agustus 2018 memang terbilang sukses besar di Amerika Serikat. Hal ini ditandai dengan bertahannya film yang digarap oleh Jon Chu ini selama 3 minggu berturut-turut menduduki peringkat satu box office.

Kedigdayaan Crazy Rich Asian bertengger di puncak box office tentu berdampak pada pendapatan film ini yang meraih untung besar. Dilansir dari Box Office Mojo, total pendapatan kotornya mencapai USD 173,9 juta (Rp2,5 triliun) hingga akhir penayangan di bioskop pada 2 Desember lalu. Padahal modal produksi ini hanya sekira USD 30 juta (Rp431 miliar).

Baca Juga: Tidur Bareng Kekasih di Pesawat, Verrell Bramasta Didoakan Berjodoh

Baca Juga: Al Ghazali Unggah Foto Mesra Bareng Kekasih, Netizen Sindir Dul Jaelani

Crazy Rich Asians

Sayangnya, kesuksesan film ini rupanya tidak berlaku di China. Di mana pendapatan film ini hanya berkisar di angka USD1,1 juta (Rp 16 miliar). Angka tersebut memang jauh dari box office Amerika yang bisa meningkat berapa kali lipat dari pendapatan di China. Jika di Amerika film ini bisa bertahan di puncak box office selama 3 minggu, maka di China, film yang dibintangi oleh Constance Wu Henry Golding hanya mampu ada di peringkat 8 untuk penayangan perdana.

Kecilnya pendapatan film itu di China salah satu alasannya bisa disebabkan karena sedikitnya jadwal penayangan film itu di bioskop sana. Bayangkan, Jika di Amerika sana Crazy Rich Asian sudah diputar sejak pertengahan Agustus. Untuk penayangan di China baru di putar pada 30 November 2018.

Memang, Negara China punya otoritasnya tersendiri untuk menyeleksi film luar negeri yang akan tayang di negaranya. Negara Tirai Bambu ini punya cara sendiri untuk berpegang teguh pada tradisi dan menangkal pengaruh negara lain, termasuk dalam film.

Jadi jangan heran jika butuh waktu yang tidak sebentar untuk film – film Hollywood masuk ke dalam bioskop China karena banyak hal yang dipertimbangkan oleh lembaga sensor setempat.

Film yang diangkat dari novel best seller dengan judul yang sama ini bercerita tentang seorang wanita New York berdarah Tiongkok. Rachel Wu (Constance Wu), adalah seorang profesor di sebuah universitas, Dia punya kekasih bernama Nick Young (Henry Golding) yang juga profesor di universitas yang sama. Tapi Rachel tapi tidak terlalu tahu tentang latar belakang sang pacar.

Sampai akhirnya Nick mengajak Rachel untuk ikut pulang ke Singapura, menghadiri pernikahan sahabat. Disitulah Rachel baru tahu seberapa kaya rayanya kekasihnya itu.

(aln)

BERITA FOTO
+ 6

Fakta Menarik Jelang Pernikahan Mewah Jusup dan Clarrisa, Pasangan Crazy Rich dari Surabaya

Pasangan yang berjuluk Crazy Rich Surabayan ini pasti akan membuat orang tercengang. Bagaimana tidak, pasalnya para tamu undangan akan berkesempatan untuk mendapatkan doorprize 5 mobil jaguar. (Foto: Instagram Jusupclarissawed)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini